Posdaya-Tabur Puja di Sumbar Bagi-bagi Paket Ramadan

Editor: Koko Triarko

269
Supervisi Project Managing Unit (PMU) Tabur Puja Wilayah V Sumatera Edi Suandi/Foto: M. Noli Hendra

PADANG – Setiap bulan Ramadan, sejumlah Posdaya dan Kelompok Tabungan dan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) di Sumatera Barat mengadakan kegiatan bagi-bagi paket bagi anggota dan masyarakat prasejahtera. 

Supervisi Project Managing Unit (PMU) Tabur Puja Wilayah V Sumatera, Edi Suandi, mengatakan bagi-bagi paket merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh setiap Posdaya dan Kelompok Tabur Puja yang ada di Sumbar, yakni Kota Padang dan Kabupaten Solok.

Kegiatan bagi-bagi paket itu hampir dilakukan oleh setiap Posdaya dan Kelompok Tabur Puja. Ada yang mulai membagi-bagikan paket sebelum Ramadan, dalam bulan Ramadan, dan ada yang sebelum masuknya lebaran.

“Kebijakan soal kegiatan Ramadan ini beragam. Hal itu berdasarkan untuk tabungan anggota yang dimiliki setiap Posdaya dan Kelompok Tabur Puja. Ada yang memilih untuk dibagikan dalam bentuk uang, dan pula yang memilih pergi jalan-jalan, serta memilih untuk menerima dalam bentuk paket,” katanya, Senin (21/5/2018).

Bagi-bagi paket merupakan kegiatan untuk mempererat silaturahmi antara pengurus Tabur Puja dengan masyarakat yang telah mendapatkan pinjaman modal usaha dari Yayasan Damandiri, melalui program Tabur Puja.

Dengan adanya kegiatan tersebut, akan mampu menanamkan rasa memiliki dan persaudaraan dengan hadirnya Tabur Puja di tengah masyarakat prasejahtera.

“Tidak hanya bagi-bagi paket, tetapi juga ada melaksanakan buka bersama. Jadi, memang bulan Ramadan membawa berkah bagi masyarakat dan Tabur Puja, karena telah berbagi kebahagiaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Posdaya Kasih, Nurlela Yusar, mengatakan direncanakan khusus di Posdaya Kasih dalam waktu dekat juga akan melakukan kegiatan bagi-bagi paket Ramadan.

Isi paket yang dibagikan beragam, mulai dari sembako hingga kebutuhan berlebaran. Soal nilai bukan menjadi tujuan utama. Namun, melakukan kegiatan berbagi itu, mampu mempererat hubungan sesama masyarakat dengan Tabur Puja.

“Kami di Posdaya Ramadan tahun ini melakukan bagi-bagi paket. Kalau tahun lalu anggota meminta pergi jalan-jalan dari uang tabungan masing-masing anggota itu. Sekarang mereka menginginkan adanya paket,” sebutnya.

Selain itu, meski menjalankan ibadah puasa, layanan di masing-masing Posdaya atau pun di Kelompok Tabur Puja tetap jalan seperti hari biasa. Namun hal yang tidak bisa dilakukan ialah menghentikan sementara waktu pencairan pinjaman modal usaha.

“Ya, kita dapat tugas, bahwa dua pekan sebelum lebaran tidak bisa lagi melakukan pencarian pinjaman modal usaha,” jelasnya.

Baca Juga
Lihat juga...