Protein Daging Kerbau Lebih Tinggi dari Sapi

Editor: Koko Triarko

261
Pasar daging, ilustrasi -Dok: CDN

PADANG – Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Merry Yuliesday, mengatakan, tidak masalah jika ada manusia yang mengkonsumsi daging kerbau, baik itu dalam bentuk dibekukan.

“Daging kerbau ini memiliki kandungan protein lebih tinggi. Jika daging sapi mengandung 19,2 persen protein, daging kerbau mengandung sekitar 20,2 persen, lalu juga ada kandungan vitamin B12, asam linoleat dan asam lemak dalam daging kerbau,” katanya, Jumat (18/5/2018).

Selain itu, juga ada kandungan Omega 3 yang terdapat dalam daging kerbau, yaitu untuk perkembangan otak, otot dan tulang. Sedangkan asam linoleat di dalamnya merupakan asam lemak tak jenuh yang sangat berkhasiat untuk pembentukkan otak dan juga vitamin D.

Menurutnya, keberadaan asam linoleat dalam daging kerbau dinilai sangat bermanfaat, karena senyawa tersebut sangat diperlukan tubuh, tetapi tak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga manusia harus mendapatkannya melalui asupan makanan.

Merry Yuliesday menjelaskan hal tersebut, terkait adanya impor daging kerbau beku dari India dan Australia yang masuk ke Sumatera Barat, guna mencukupi kebutuhan selama Ramadan.

Baca Juga
Lihat juga...