Puan: Kowani Miliki Peran Strategis Majukan UMKM

Editor: Koko Triarko

325
JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, mengatakan, Kowani adalah payung organisasi wanita Indonesia yang memiliki peran strategis pemberdayaan perempuan dalam memajukan produksi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Tanah Air.
“Kowani Fair dapat menjembati dan memfasilitasi pengusaha wanita mempromosikan produknya, sekaligus mencari pasar baru,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dalam sambutan pembukaan Kowani Fair 2018, yang diadakan oleh Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Kamis (24/5/2018).
Menurutnya, Kowani Fair 2018 seharusnya bisa menjadi ajang pembuktian bagi kaum perempuan yang berperan menjadi bagian tulang punggung perekonomian, dengan melestarikan budaya dan menciptakan lapangan kerja.
Puan berharap, dengan terselenggaranya Kowani Fair ke 17 tahun ini, inovasi produk UMKM  harus tetap diperhatikan. Sehingga antusiasme pengunjung untuk hadir di pameran selama empat hari ini meningkat.
“Selama 17 tahun, Kowani telah menggelar Kowani Fair dalam mempromosikan industri kreatif dan menciptakan komunikasi antara produsen, penjual dan pembeli. Diharapkan transaksi atau pembeli tahun ini meningkat,” ungkap Puan.
Puan menegaskan, Kowani Fair sangat strategis dalam memberikan dukungan kepada kaum perempuan untuk membangun kapasitas dirinya.
Puan berharap, ajang ini dapat menjadi inspirasi bagi perempuan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kiprahnya, dan berperan untuk memajukan perekonomian nasional.
“Perekonomian merupakan tulang punggung, bagaimana masa depan bangsa ini bisa berjalan dengan baik atau tidak,” tandasnya.
Menurutnya, ekonomi mikro yang ditopang oleh kaum perempuan, sudah membuktikan kekuatan dan kemandirian ekonomi di tengah tersendatnya ekonomi makro.
“Ini sudah dibuktikan saat krisis 1998, ekonomi mikro menopang kekuatan kemandirian bangsa. Alhamdulillah, ekonomi kita sampai sekarang masih kuat, tidak colaps, karena ditopang oleh ekonomi mikro yang sebagian besar diperankan oleh ibu-ibu,” kata Puan.
Puan juga mengatakan, meskipun kecil, namun pengabdian Kowani untuk kemajuan ekonomi bangsa sangat tinggi. “Saya mengapresiasi, insyaallah empat hari ke depan semua produk yang dipasarkan di ajang ini ludes dibeli pengunjung,” pungkas Puan.
Baca Juga
Lihat juga...