Ramadan, Perpus DIY Hanya Buka hingga Sore

Editor: Koko Triarko

285

YOGYAKARTA — Perpustakaan (perpus) terbesar di DIY, Grahatama Pustaka Yogyakarta, mengalami perubahan jam layanan selama bulan Ramadan, dari yang semula buka hingga malam hari, kini hanya sampai sore hari.

Humas Perpustakaan Grahatama Pustaka, Margiono, mengatakan jam layanan perpustakaan pada Senin-Jumat yang semula berlangsung pukul 08.00 – 22.00 WIB kini berubah menjadi 08.00 – 15.00 WIB. Sementara layanan pada Sabtu-Minggu yang semula berlangsung pada pukul 08.00 – 16.00 WIB kini berubah menjadi 08.00 – 15.00 WIB.

Humas Perpustakaan Grahatama Pustaka, Margiono. –Foto: Jatmika H Kusmargana

“Perubahan jam layanan ini berdasarkan surat edaran Gubernur DIY No.4/dr/v/2018 yang berlaku untuk semua instansi pemerintah. Yakni, untuk menghormati umat muslim dalam menjalankan puasa di Bulan Ramadan,” katanya, Kamis (17/5/2018).

Dengan perubahan tersebut, katanya, maka layanan untuk sejumlah program lainnya juga ikut menyesuaikan. Baik itu program pojok baca yang terdapat di sejumlah rumah sakit, kantor layanan pajak dan sebagainya, hingga layananan seperti perpustakaan keliling.

“Layanan tetap ada, hanya jamnya saja yang mungkin berubah,” imbuhnya.

Selain biasa memberikan layanan perpustakaan keliling dengan memanfaatkan empat armada setiap hari, Perpustakaan Grahatama Pustaka Yogyakarta juga memiliki sejumlah layanan lain. Mulai dari layanan bioskop enam dimensi,  bioskop layar lebar, hingga ruang anak berupa ruang musik, mendongeng dan ruang koleksi.

“Untuk kunjungan umum rata-rata ada sekitar 400 orang per hari. Mayoritas berasal dari kalangan mahasiswa. Itu belum termasuk kunjungan rombongan yang mencapai 200-300 per hari yang biasanya adalah anak-anak sekolah seperti TK atau SD dari berbagai daerah,” katanya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.