Ramadan, Serabi Khas Lombok Jadi Buruan

Editor: Satmoko

381

LOMBOK – Aneka jajanan yang dijajakan pedagang selama Ramadan menjadi pemandangan biasa yang bisa disaksikan. Mulai jajanan yang diolah secara modern, hingga jajanan tradisional yang dimasak secara tradisional pula dengan menggunakan tungku.

Serabi bakar termasuk jajanan tradisional yang banyak jadi buruan warga sebagai menu berbuka puasa selama Ramadan, karena rasanya yang khas dan enak dimakan. Proses pembuatan dan memasaknya pun dilakukan secara tradisional.

Kebanyakan serabi yang dijual pedagang dimasak dengan cara dibakar di atas tungku dari tanah. Termasuk peralatan memasak jajanan serabi, sebagian besar pedagang masih menggunakan bahan dari tanah liat.

Sakrah, penjual serabi khas Lombok. Foto Turmuzi

“Proses pematangan jajan serabi dengan cara dibakar menggunakan tungku dan peralatan dari tanah liat. Supaya jajan serabi yang dihasilkan, selain enak juga harum, makanya banyak yang suka,” kata Sakrah, penjual Serabi Lombok kepada Cendana News, Sabtu (26/5/2018).

Karena proses pematangan serabi lama dan banyaknya permintaan, Sakrah biasa membuat serabi sejak pagi, supaya serabi yang dihasilkan banyak, sehingga saat sore hari berjualan, dirinya tinggal membungkus setiap pesanan.

Sebab kalau proses pematangan serabi dilakukan saat warga membeli, jelas akan lama. Sementara yang antri membeli banyak, bisa repot dan banyak warga yang kecewa.

Murtini, warga lain mengaku, paling suka makan jajanan serabi sebagai menu berbuka puasa maupun sebagai camilan cuci mulut usai makan nasi.

“Serabi paling enak kalau sudah ditaburi parutan kelapa dicampur dengan gula merah, lezat sekali rasanya di lidah,” kata Murtini semangat.

Dikatakannya, selama Ramadan warga yang membeli jajanan serabi biasanya antri. Karena itulah supaya bisa cepat dapat membeli dan tidak sampai antri, dirinya biasa membeli lebih awal, karena belum banyak pembeli.

Dari segi harga juga cukup murah meriah, mulai dari Rp3.000 sampai Rp5.000 satu piring dengan isi lima sampai enam biji. Semakin mahal membeli, semakin banyak jajanan serabi didapat.

Untuk bahan dan cara membuat jajanan serabi sendiri cukup sederhana dan mudah, tepung ketan yang dihaluskan, tinggal diaduk dicampur dengan air supaya kental.

Tepung yang telah kental selanjutnya dimasukkan ke dalam setiap alat untuk membuat serabi, bakar sampai beberapa menit. Setelah serabi mengering dan kenyal, kemudian diangkat dan tinggal disajikan dengan menaburkan parutan kelapa dicampur gula merah di atasnya.

Baca Juga
Lihat juga...