Ramadan, Wathan Lamahala Salurkan Sembako bagi Kaum Dhuafa

Editor: Satmoko

263

LARANTUKA – Lembaga silaturahmi dan komunikasi Wathan Lamahala Adonara Flores Timur yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan mengisi momentum Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriyah dengan menyapa kaum dhuafa (miskin) yang ada di Adonara.

“Dalam bulan suci Ramadhan ini kami menyumbangkan sembako kepada kaum miskin di Bulan Suci Ramadhan bertajuk Kado Sambut Damadhan atau KSD,” sebut pengurus Wathan Lamahala Muhamad Soleh Kadir, Minggu (20/5/2018).

Wathan Lamahala, kata pria yang biasa dikenal dengan sapaan Pion Ratuloly ini mengatakan, pihaknya memfasilitasi pembagian sembako dari para donatur di seluruh Indonesia dan dibagikan kepada kaum dhuafa.

Salah seroang pengurus Wathan Lamahala Muhammad Soleh Kadir. Foto : Ebed de Rosary

“Sasaran KSR sementara ini masih pada kaum dhuafa yang ada di desa Lamahala Jaya, kecamatan Adonara Timur, Flores Timur. Sebanyak 20 kepala keluarga (KK) telah menerima Kado Sambut Ramadan dan tersebar di 6 dusun dan nantinya calon penerima sebanyak 115 KK,” terangnya.

Pion mengatakan KSR telah berjalan sejak dua minggu sebelum puasa yang dilaksanakan sejak tanggal 3 Mei 2018 dan akan berakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah pada tanggal 16 Juni 2018.

“KSR bermanfaat untuk membantu kaum dhuafa agar dapat menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan secara baik, tenang, dan tanpa terbebani dengan kebutuhan pokok sebagaimana orang yang berkecukupan,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Wathan Lamahala, Muhammad Lusi Sukuwutun menambahkan, Wathan Lamahala membuka posko penyaluran, baik barang maupun uang, yang nanti akan dipaketkan secara adil agar semua penerima bisa menerima secara merata.

“Kami pastikan pembagian Sembako kepada kaum Dhuafa akan adil dimana tidak ada orang yang akan dua kali menerima bantuan sembako. Semua bantuan akan langsung kami serahkan kepada penerima,” tuturnya.

Adapun mekanisme penyaluran KSR, terang Muhammad, Wathan Lamahala melakukan pendataan para kaum dhuafa yang berhak menerima bantuan secara diam-diam tanpa diketahui para penerima, lalu membagikan sembako langsung ke rumah para penerima.

“Kami berharap semakin banyak donatur yang memberikan bantuan melalui kami agar bisa kami teruskan kepada kaum Dhuafa yang pantas dan layak menerima bantuan ini di bulan suci Ramadan,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...