Ramadhan, Kinerja PNS DKI Semakin Efektif

Editor: Mahadeva WS

293
Sandiaga Uno - Foto: Dok. CDN

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, jam pulang kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat Ramadhan berdampak positif terhadap kinerja. Banyak PNS yang tinggal di daerah penyangga saat berangkat dan pulang kerja tidak mengalami kemacetan seperti biasa. 

Hal itu didapat bersadarkan hasil evaluasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI. “Berdasarkan evaluasi BKD, kebijakan ini efektif mengingat banyak pengawai yang tinggal di daerah penyangga. Sehingga dengan jam kerja ini tidak mengalami kemacetan baik berangkat dan pulang kerja,” ucap Sandiaga di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018).

Walaupun jam kerjanya berubah, Sandiaga menyebut, tidak menganggu pelayanan untuk masyarakat. Jam operasional yang berubah selama Ramadhan juga tidak mempengaruhi pelayanannya. “Pelayanan publik pun tidak terganggu karena mayoritas masyarakat justru ingin pelayanan lebih cepat selesai agar dapat berkumpul bersama keluarga,” tuturnya.

Kendati demikian, Sandiaga mengklaim, kondisi tersebut berbeda dengan jam kerjanya. Menurutnya, jam kerja saat Ramadhan tidak berbeda dengan jam kerja bulan biasa. Justru Ramadhan kerjanya lebih fokus karena selama Ramadhan waktu makan siang bisa digunakan untuk menyelesaikan semua urusan pekerjaan melayani masyarakat.

“Kalau saya, ngeliat bulan Ramadhan itu engga ada bedanya, sama. Mungkin yang kita liat dari aspek meningkatnya fokus kita. Khususnya di sepuluh hari terakhir untuk meningkatkan tingkat ibadah kita, tapi kalau kerja, saya merasa emang paling efektif bulan Ramadhan karena enggak ada makan siang. Jadi kita bisa bekerja full,” paparnya.

Sandiaga menyebut, tetap mengikuti aturan jam kerja sebelum bulan Ramadhan. Hal itu dikarenakan harus bertanggungjawab menyelesaikan tugas. “Saya si enggak akan ngikuti kalau jam kerja 07.00 sampai 14.00 WIB enggak akan kelar dokumen di meja saya. Jadi biasanya berangkat jam 05.00 WIB untuk acara safari, buka bersama di beberapa tempat. Tapi efektif kita enggak jam 14.00 WIB, saya sampai malam,” paparnya.

Sebelumnya, Sandiaga sempat kaget mengetahui PNS pulang pukul 14.00 selama bulan Ramadhan. Jam pulang kerja PNS DKI memang dipercepat pada bulan Ramadhan sejak masa pemerintahan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Namun, jam kerja mereka dimulai lebih cepat menjadi pukul 07.00. “Jam 14.00 WIB? Enak banget, enak banget. Pulang jam 14.00? Serius? Buka puasanya, kan, jam 17.00 WIB. Kalau saya sih, ya, kalian tahu sendiri my office hour selesainya baru jam 21.00,” tambahnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Keputusan Gubernur No.801 /2018 tentang Jam Kerja Selama Bulan Ramadhan.Dalam Kepgub tersebut, diatur jam kerja PNS pada Senin-Kamis berlaku pukul 07.00-14.00, sementara pada hari Jumat berlaku pukul 07.00-14.30.

Baca Juga
Lihat juga...