Real Madrid Juara Liga Champions 2018

Editor: Satmoko

289
Real Madrid mengangkat trofi Liga Champions tiga musim beruntun usai menaklukkan Liverpool 3-0 pada final di Kiev, Minggu dini hari. Foto: realmadrid.com

KIEV – Real Madrid berhasil mempertahankan titel jawara Liga Champions musim ini setelah menundukkan Liverpool di partai puncak dengan skor 3-1. Dua dari tiga gol Madrid di final yang digelar di SC Olimpiyskiy Stadium dicetak pemain pengganti, Garet Bale.

Gareth Bale mencetak gol spektakuler hanya tiga menit setelah ia masuk menggantikan Isco pada menit 61. Gol kedua pemain internasional Wales ini membuat Madrid merebut titel jawara Liga Champions tiga tahun beruntun.

Gol ajaib Bale di final Liga Champions ke-63 menjadi salah satu momen yang bakal diingat publik. Namun tak hanya itu, kesalahan besar yang dilakukan kiper Liverpool, Loris Karius, juga menjadi memori yang tidak akan terlupakan dalam waktu lama.

Liverpool sendiri mengalami kekalahan ketiga di partai puncak di bawah kendali Jurgen Klopp. Saat semua mata tertuju ke Kiev, Liverpool dipaksa kehilangan kekuatan utama setelah Mohamed Salah ditarik keluar karena mengalami dislokasi baru pada menit 31.

Dari sisi pengalaman, kedua tim memang berbeda cukup jauh. Madrid diperkuat tujuh starter yang tampil di tiga final terakhir di level Eropa. Sedangkan Liverpool tidak memiliki satu pemain pun yang pernah tampil di final.

Zinedine Zidane memasang starting XI yang sama persis dengan komposisi saat Madrid menang 4-1 atas Juventus di Cardiff pada 12 bulan yang lalu. Kendati begitu dari sisi permainan, Liverpool menunjukkan permainan yang lebih baik dari Madrid di babak pertama.

Di babak kedua, Madrid tampil lebih baik. Isco memberi ancaman namun tembakannya masih mengenai tiang gawang. Karim Benzema akhirnya memecah kebuntuan menit 51. Memanfaatkan kecerobohan Karius, Benzema mengirim kembali bola ke arah gawang dan membuat Madrid unggul 1-0.

Empat menit kemudian, Liverpool berhasil menyamakan skor melalui Sadio Mane yang menyarangkan gol ke-10 di Liga Champions musim ini. Madrid kembali mengancam melalui Isco namun lagi-lagi percobaannya masih melebar.

Menit 61, Zidane menarik Isco dan memasukkan Gareth Bale. Tiga menit berikutnya, Bale membuat Madrid kembali unggul setelah melepas tembakan voli akrobatik memanfaatkan umpan silang Marcelo dan gagal dihalau Karius.

Liverpool mencoba mencetak gol penyeimbang melalui Mane. Namun sayang, upayanya masih belum membuahkan hasil. Sebaliknya Madrid kembali menambah gol melalui Gareth Bale. Gol kedua Bale meluncur melewati dua tangan Loris Karius.

Sukses menaklukkan Liverpool tidak saja mengantar Madrid menjadi salah satu tim besar sepanjang masa, juga menjadi tim keempat yang meraih sukses mengangkat trofi Liga Champions tiga musim beruntun.

Susunan Pemain

REAL MADRID: Navas; Carvajal (Nacho 37′), Ramos, Varane, Marcelo; Casemiro, Modric, Kroos; Isco (Bale 61′); Ronaldo, Benzema (Asensio 89′)

LIVERPOOL: Karius; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Henderson, Milner (Can 39′), Wijnaldum; Salah (Lallana 31′), Firmino, Mane

Lihat juga...

Isi komentar yuk