Replika Idul Fitri Laris Manis di Bali

Editor: Mahadeva WS

406

BADUNG – Meski Ramadhan baru berjalan beberapa hari, pernak-pernik Idul Fitri seperti replika beduk dan ketupat di Bali laris manis. Hal itu menjadi berkah bagi salah seorang perajin pernak-pernik replika Idul Fitri Bahrul Ulum.

Replikasi berupa beduk dan ketupat dari tahun ketahun di Kuta Badung, Bali mengalami peningkatan penjualan hingga 1 persen. “Alhamdulillah sudah mulai ramai mas. Biasanya sih puncaknya terjadi dipertengahan Ramadhan,” ungkap Bahrul Ulum saat ditemui di tempat kerjanya, Selasa (22/5/2018).

Bahrul Ulum, salah seorang pengrajin pernak-pernik replika menunjukkan hasil kerajinannya.-Foto: Sultan Anshori.

Bahrul mengatakan, pernak-pernik tersebut biasa dijadikan hiasan di kantor-kantor, restauran, hotel serta tempat yang banyak dikunjungi oleh banyak orang. Pelanggan Bahrul tidak hanya datang dari Denpasar dan Badung, melainkan juga dari luar kabupaten.

Pesanan juga datang dari luar Bali seperti Lombok, Makassar, Jakarta hingga Medan serta Kupang. “Selain replika beduk dan ketupat, saya juga membuat kerajinan lain seperti lampion, kubah masjid serta replika pernak-pernik Idul Fitri  lainnya,” imbuh Bahrul.

Bahrul menceritakan, awalnya Dia hanya mencoba-coba, namun karena peminatnya lumayan banyak akhirnya usaha tersebut ditekuni dan sudah berjalan tujuh tahun lamanya. Harga kerajinan buatannya tersebut mulai dari Rp50.000 hingga paling mahal Rp1,4 juta. Harga tergantung jenis serta ukuran replika. Pria asli Surabaya tersebut mengaku dalam sehari bisa mengerjakan 50 buah ketupat dan tujuh buah bedug. Setiap hari, kegiatan produksi dibantu anak perempuanya.

Hasil dari menjadi perajin musiman, tersebut bisa mencapai jutaan rupiah. “Bahan-bahan pembuat kerajinan ini cukup sederhana,  hanya spons topi, akrilik serta kawat sebagai kerangka untuk membuat kuba masjid,” tandasnya.

Sebelumnya, Bahrul Ulum memanfaatkan bahan sederhana untuk menciptakan kerajinan dengan nilai tinggi. Dengan spons topi, akrilik serta kawat sebagai kerangka bisa dibuat replika kubah masjid. Bahan-bahan tersebut kemudian dicat dengan mengunakan air brush. Dan tidak lupa pula dicat sesuai dengan karakteristik replika.

Baca Juga
Lihat juga...