Ruas Jalan Buton Utara-Buton Rawan Longsor

104
Ilustrasi

KENDARI — Curah hujan tinggi di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara mengakibatkan sejumlah titik pada ruas jalan Kabupaten Buton Utara – Kabupaten Buton bagian barat rawan longsor.

Pengemudi kendaraan angkutan penumpang Arjun (33) melalui telepon dari Buranga, Kamis, mengingatkan pemilik kendaraan berhati-hati melalui ruas jalan di Kecamatan Maligano karena badan jalan retak-retak, bahkan beberapa titik sudah longsor.

“Beberapa titik jalan sudah longsor tetapi dapat dilalui kendaraan dengan memanfaatkan satu sisi jalan. Rawan putus karena sudah badan jalan sudah miring dan retak-retak,” kata Arjun.

Sedangkan jalur jalan Ronta – Maligano yang masih pengerasan kondisinya makin rusak berat pada musim penghujan sehingga mengancam keselamatan pengendara.

Meskipun kondisinya jalan makin rusak namun angkutan perintis Damri Kendari – Buton Utara pergi pulang harus melalui rute tersebut karena tidak jalan alternatif.

“Sebenarnya kami (penumpang) katakutan saat melewati jalan Ronta – Maligano karena selain badan jalan makin rusak juga harus melalui pendakian yang terjal,” kata penumpang Ereka – Kendari, Ny Marhati Daud (47).
Ia mengharapkan pemerintah Provinsi Sultra, Pemerintah Buton Utara, Buton dan Muna memikirkan perbaikan jalan tersebut karena mengancam keselamatan manusia.

“Ruas jalan yang ruas tersebut berada dalam wilayah atau tanggung jawab Pemerintah Sultra serta beberapa kabupaten sehingga kalau dipikirkan secara bersama-sama pasti ada solusi dan pembiayaan menjadi ringan,” kata Marhati.

Anggota DPRD Sultra Laode Taufan Alam mengatakan DPRD sudah memberikan saran kepada pemerintah Provinsi Sultra agar memprogramkan perbaikan ruas-ruas jalan yang rusak berat.

“DPRD memahami keluhan masyarakat tentang kondisi jalan rusak di Buotn Utara – Buton Tengah dan Muna karena sudah bertahun-tahun belum dibenahi secara maksimal. Ini pasti masalah anggaran yang tidak seimbang dengan panjang jalan yang akan diperbaiki di Sultra,” kata Taufan, politisi Partai Demokrat.[ant]

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.