Sampah Masih jadi Masalah di Sorong

200
Tempat pembuangan sampah, ilustrasi. -Dok: CDN

SORONG – Pemerintah Kota Sorong, Papua Barat, saat ini tengah mengupayakan menyediakan tempat pembuangan sampah sementara untuk mengatasi persoalan sampah di kota tersebut.

“Jika sudah ada tempat penampungan sampah di kota Sorong, maka peraturan daerah tentang sampah akan ditegakkan. Warga yang buang sampah sembarang tempat dan tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan akan dihukum membayar denda,” kata Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, Senin (14/5/2018).

Dikatakan, ketiadaan tempat pembuangan sampah tersebut menjadi kendala yang tengah dihadapi oleh pemerintah kabupaten tersebut, sebelum dilanjutkan ke tempat pembuangan akhir.

Di bagian lain, ia meminta warganya agar tidak membuang sampah sembarang tempat, serta membuang sampah sesuai waktu yang ditentukan.

“Warga kota Sorong jangan hanya mengkritisi pemerintah terkait masalah sampah, namun tidak mau berpartisipasi untuk mengatasi masalah tersebut,” kata Lambert Jitmau.

Dia mengatakan, petugas sampah pemerintah daerah setiap hari mengangkut sampah pada tempat yang sudah disediakan untuk warga membuang sampah demi kebersihan Kota Sorong.

“Namun, masalah sampah di kota Sorong terus menjadi sorotan publik, sebab kenyataan yang terjadi warga membuang sampah tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan, bahkan membuang sampah di sembarang tempat,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat kota Sorong belum berpartisipasi sepenuhnya membantu pemerintah daerah mengatasi masalah sampah dengan membuang sampah pada tempatnya serta sesuai jam yang ditentukan. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.