Sebelum Agustus Hakim Pengganti Maria Sudah Terpilih

Editor: Mahadeva WS

229
Juru BIcara MK Fajar Laksono - Foto M Hajoran Pulungan

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) meminta Panitia seleksi (Pansel) pemilihan Hakim Konstitusi yang dibentuk oleh Presiden sudah bisa menyelesaikan tugasnya sebelum Agustus mendatang. Sebelum Agustus diharapkan sudah terpilih hakim baru.

Hal itu dikarenakan Maria Farida akan memasuki masa pensiun, sehingga harus ada pengganti hakim konstitusi untuk melengkapi keberadaan sembilan hakim konstitusi MK. “Kita dari MK tentu berharap, sebelum Agustus pengganti bu Maria Farida oleh Pansel (panitia seleksi) bisa segera terpilih. Melihat masa jabatan bu Maria Farida sudah habis Agustus mendatang,” kata Juru Bicara MK Fajar Laksono di Gedung MK Jakarta, Senin (21/5/2018).

Fajar mengatakan, Hakim Konstitusi MK yang terpilih diharapkan nanti benar-benar memiliki kriteria yang diharapkan oleh semua pihak. Sehingga bisa mengemban tugas negara sebagai hakim pengawal konstitusi. “Siapa pun hakim yang terpilih nanti, tentu dari figur-figur yang betul-betul memenuhi syarat, utamanya syarat negarawan dan memiliki integritas membawa MK lebih baik lagi,” jelasnya.

Meskipun MK tidak punya hak untuk ikut dalam pansel pemilihan. Tapi pihaknya, berharap Pansel benar-benar memilih hakim konstitusi yang sesuai dengan syarat dan kriteria yang diatur dalam perundang-undangan. “Biarpun kita tidak tahu perkembangan persisnya seperti apa di dalam Pansel. Kita ingin Pansel benar-benar bekerja dan mendapatkan calon hakim konstitusi yang diharapkan sesuai syarat dan kriteria yang ada,” sebutnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meneken surat Keputusan Presiden Nomor 71/2018 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi. Melalui Keppres itu, Presiden menunjuk lima orang sebagai pansel untuk mencari pengganti hakim Konstitusi Maria Farida Indrati yang hendak memasuki masa pensiun. Lima orang itu, yakni Harjono, Maruarar Siahaan, Sukma Violetta, Zainal Arifin Mochtar, Mas Achmad Santosa dan Cecep Sutiawan.

Baca Juga
Lihat juga...