Sebelum Lebaran dan Asian Games, Proyek JTTS Dikebut

Editor: Satmoko

296

LAMPUNG – Pasca diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Januari 2018 silam pelaksana proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus mengebut sebagian ruas yang belum selesai dikerjakan.

Akses yang sudah diresmikan diantaranya dua seksi meliputi seksi 1 Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer dan seksi 5 Lematang-Kotabaru sepanjang 5,64 kilometer sisanya beberapa dalam tahap penyelesaian.

General Affairs PT. Pembangunan Perumahan (PP), Yus Yusuf SK menyebut pihaknya terus melakukan penyelesaian pengerjaan sekitar 30 dari total sekitar 39,4 kilometer yang menjadi tanggung jawab PT.PP.

Kondisi cuaca hujan yang masih melanda wilayah Lampung Selatan diakuinya menjadi salah satu penghambat proses pengerjaan di beberapa titik. Selain mengejar target untuk bisa dilintasi dalam ajang Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang JTTS disebutnya ditargetkan bisa dilintasi dalam arus mudik lebaran 2018.

Yus Yusuf SK, General Affairs PT. Pembangunan Perumahan (PP) pelaksana proyek pembangunan JTTS ruas Bakauheni-Terbanggibesar paket I Bakauheni-Sidomulyo [Foto: Henk Widi]
“Awal bulan ini Polda Lampung telah melakukan pengecekan jalur mudik dari kilometer 0 Bakauheni hingga kilometer 80 di Tanjung Bintang sehingga bisa melihat kondisi apakah bisa dilalui atau tidak untuk arus mudik sehingga rekomendasi bisa diberikan ruas mana yang bisa difungsikan,” terang Yus Yusuf, General Affairs PT. Pembangunan Perumahan, saat dikonfirmasi Cendana News, Sabtu (19/5/2018).

Yus Yusuf menyebut pada beberapa bagian ruas JTTS seksi 1 Bakauheni-Sidomulyo beberapa pengerjaan dilakukan pada upperpass Tetaan di STA 14, upperpass Pasuruan di STA 18, jembatan Way Asahan di STA 19.

Ia bahkan menyebut fasilitas rest area dengan dukungan sarana stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) akan dibangun di desa Kuripan tepat di STA 22. Fasilitas SPBU dan rest area disebutnya menjadi salah satu evaluasi tim dari Polda Lampung untuk pengoperasian JTTS saat arus mudik lebaran tahun ini.

Secara keseluruhan Yus Yusuf  dari STA 9 di kecamatan Bakauheni hingga STA 39 di kecamatan Sidomulyo PT.PP telah melakukan proses pengerjaan rigid beton. Sejumlah ruas bahkan sudah diberi separator jalan, pagar pengaman jalan tol serta rambu-rambu jalan. Ia optimis, JTTS sudah bisa difungsikan dalam kondisi darurat terutama saat terjadi kepadatan di Jalan Lintas Sumatera.

Akses Jalan Tol Tans Sumatera di segmen satu pelabuhan Bakauheni ke gerbang Bakauheni Selatan hingga simpang susun Bakauheni Utara yang sudah bisa digunakan [Foto: Henk Widi]
“Selain dikejar target supaya jalan tol Sumatera bisa dipergunakan untuk Asian Games kelancaran arus mudik dan balik menjadi prioritas untuk penyelesaian,” papar Yus Yusuf.

Berdasarkan persentase Yus Yusuf menyebut, pengerjaan yang menjadi tanggungjawab PT. PP hingga pertengahan Mei sudah mencapai 80 persen. Segmen I sepanjang 8,9 kilometer sudah selesai 100 persen dan sudah bisa dilalui, sementara sisanya masih dalam tahap finishing.

Terkait ruas JTTS yang belum selesai akan segera diselesaikan oleh pelaksana pembangunan lain diantaranya PT. Waskita Karya.

Pelaksana proyek JTTS diakui Yus Yusuf bahkan didorong untuk bisa menyelesaikan JTTS paket 1 dan 2 sepanjang 80 kilometer sehingga bisa dilalui saat arus lebaran. Berdasarkan perkembangan disebut Yus Yusuf saat ini pada ruas Tol Bakauheni-Terbanggibesar sepanjang 140,9 kilometer sudah bisa dilalui di dua segmen.

Segmen yang sudah bisa dilalui diantaranya pelabuhan Bakauheni-Simpang susun Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer dan segmen Lematang Kotabaru sepanjang 5,6 kilometer.

Pantauan Cendana News sejumlah pekerja terus melakukan penyelesaian upperpass desa Pasuruan di STA 18. Penyelesaian jembatan STA 19 di sungai Way Pisang terus dikerjakan oleh sub kontraktor dan pengerjaan pembuatan pagar pembatas, talud di tepi jalan tol.

Pembangunan upperpas di STA 22+600 Desa Kekiling juga terus dikerjakan untuk bisa dilintasi kendaraan sebagai penghubung kecamatan Penengahan dan Palas.

Baca Juga
Lihat juga...