Serunya Bertualang di Taman Buah Mekarsari Bogor

Editor: Koko Triarko

233
BOGOR — Pengunjung Taman Buah Mekarsari tampak membludak di akhir penghujung gelaran Pesta Es Krim Buah, pada Minggu (13/5/2018), kemarin. Pada acara ini, pengunjung dapat menikmati bermacam es krim buah, setelah berkeliling mengikuti tur ekplorasi kebun buah yang seru dan mengedukasi.
Dengan luas sekitar 264 hektare di bilangan Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM 3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Taman Buah Mekarsari dilengkapi berbagai sarana rekreasi.
Memasuki gerbang utama Taman Buah Mekarsari, pengunjung dapat mengunjungi area ‘Family Garden’, yang antara lain di dalamnya terdapat kolam ikan. Di tempat ini pengunjung dapat memberi pakan ikan dan menyewa alat memancing. Di area ini juga terdapat wahana lukis caping, wahana tanam padi, dan memandikan kerbau di tengah sawah. Di tempat ini juga cocok untuk berfoto-foto.
Di taman buah ini, pengunjung juga dapat mengikuti tur ekplorasi kebun buah, menyusuri sungai di taman yang disebut dengan ‘Petualangan Kebun’ dan ‘Petualangan Kanalzon’.
Sementara bagi yang ingin melihat kebun yang sedang berbuah dan siap dipanen, dapat mengikuti wahana kereta ’Family Train’. Dengan kereta terdiri dari dua gerbong ini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai kebun buah, seperti Kebun Melon, Kebun Salak, dan lainnya.
Seorang anak tampak mencermati jenis-jenis buah langka di Taman Buah Mekarsari. -Foto: Makmun Hidayat
Sebelum tiba di kebun pertama, yakni Kebun Melon, kereta berhenti di Pondok Jus Mekarsari, dan menikmati aneka jus buah segar. Di Pondok Jus ini, pengunjung juga akan dipandu menuju sebuah bangunan yang berisi sejumlah fosil spesies binatang yang telah dikeraskan, seperti kumbang, kupu-kupu, dan banyak lagi. Lalu, perjalanan berlanjut ke sejumlah kebun buah lainnya.
Tak hanya dapat menikmati dan memanen sendiri, dalam wahana ‘Family Train‘ ini pengunjung juga diberikan pengetahuan tentang tanaman buah oleh pemandu khusus.
Seusai berkeliling dengan kereta khusus wisata hingga melintasi Istana Air Terjun Taman Buah Mekarsari, petualangan berlanjut memasuki kanalzon, dengan menaiki perahu kanal hingga tiba di area dekat Danau Mekarsari.
Di danau yang lebar dan memanjang ini, pengunjung dapat menikmati keindahaan sekitar perairan dengan naik perahu, hingga tiba di sebuah gubuk rumah dan mendapat es krim buah di acara ‘Pesta Es Krim Buah’ yang digelar sejak 28 April dan berakhir pada Minggu (13/5).
Mengakhiri dua petualangan seru ini, pengunjung bebas menikmati berbagai wahana dan hiburan di area sekitar Danau Mekarsari, dengan tarif mulai Rp10.000 hingga Rp.75.000. Pengunjung pun memencar sebelum kembali menuju gerbang awal keberangkatan menggunakan sejenis bus metro mini terbuka, yang telah dimodifikasi.
Bus ini tersedia setiap saat. Ada keleluasaan bagi pengunjung mengatur waktu sendiri, kapan akan kembali ke awal titik keberangkatan Taman Buah Mekarsari nan luas dan indah ini.
Taman Buah Mekarsari dengan berbagai wahana seru dan menyenangkan ini buka setiap hari pada Senin hingga Minggu, dari pukul 08.30 hingga 16.30 WIB.
Pengujung Taman Buah Mekarsari dalam petualangan tur ekplorasi kebun buah menikmati jus buah naga. -Foto: Makmun Hidayat
Pengunjung dapat menikmati berbagai jenis wahana, mulai wahana tur dengan beragam pilihannya, wahana transportasi, wahana rekreasi, wahana air, wahana family garden, wahana outbound, hingga wahana menginap.
Dengan tiket masuk sebesar Rp25.000, pengunjung dapat menikmati suasana di area ‘Family Garden’. Lalu, dengan memesan tiket petualangan paket Rp70.000 di gedung utama pelayanan informasi, pengunjung dapat berkeliling mengikuti tur ekplorasi ‘Petualangan Kebun’ dan ‘Petualangan Kanalzon’.
Khusus pada bulan Ramadan, Taman Buah Mekarsari memberikan diskon khusus bagi pengunjung hingga 30 persen untuk kunjungan grup.
Taman Buah Mekarsari tak sekadar kebun tempat rekreasi. Melainkan juga merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia. Sebuah tempat wisata yang populer di kalangan masyarakat dan menjadi tempat edupark terbesar di Asia, untuk kegiatan edukasi atau pun acara family gathering.
Gerbang Taman Buah Mekarsari di Bogor. -Foto: Makmun Hidayat
Taman Buah Mekarsari juga merupakan tempat penelitian budi daya (agronomi), pemuliaan (breeding), dan perbanyakkan bibit unggul untuk disebarluaskan kepada para petani dan masyarakat umum.
Tempat wisata edukatif ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 14 Oktober 1995, bertepatan dengan momentum peringatan Hari Pangan Sedunia.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.