Tabur Puja Dukung Pengembangan Usaha Online

Editor: Koko Triarko

250
PADANG – Tabungan dan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) di Posdaya Anggrek Putih, RT3/RW7, Kelurahan Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat, hingga kini terus membantu pinjaman modal usaha bagi masyarakat setempat.
Menghadapi perkembagan dunia yang semakin pesat, cukup banyak orang memanfaatkan teknologi dalam melakukan berbagai hal, termasuk berjualan. Banyak masyarakat memasarkan usahanya secara online. Dengan adanya kondisi yang demikian,  Tabur Puja pun turut membantu perkembangan usaha rakyat yang menggunakan media online.
Ketua Tabur Puja di Posdaya Anggrek Putih, Vonny, mengatakan saat ini jumlah anggota Tabur Puja mencapai 120 orang. Mayoritas dari pedagang mikro, yakni penjual warung kelontong, gorengan, usaha rumahan, dan banyak pula yang menjalani usaha jualan pakaian dan kue secara online.
“Anggota kita terus bertambah, kini mencapai 120 orang. Memang yang lagi tren itu kini berjualan secara online. Melihat usaha yang seperti itu cukup menjanjikan, Tabur Puja pun membantu dari segi pinjaman modal usaha,” katanya.
Ia menyebutkan, nasabah pinjaman modal usaha di Tabur Puja Posdaya Anggrek Putih yang melakukan penjualan online, terdiri dari beragam produk. Mulai dari pakaian, baik itu pakaian dewasa, anak-anak, maupun untuk pria dan wanita. Pakaian yang dijual bukan diproduksi sendiri, melainkan dibeli dari produsen, lalu dipasarkan secara online.
Selain pakaian, juga ada yang menjual kue atau jajanan kuliner khas Sumatera Barat, seperti kue kareh-kareh, kue stick dari  rasa bumbu khas selera Minangkabau.
Saat ini, soal usaha online itu dinilai Posdaya berjalan sangat baik. Apalagi, dengan adanya modal usaha dari Tabur Puja, membuat masyarakat yang menjalalani usaha tersebut, semakin mantap dan yakin untuk terus berjualan.
“Kalau soal pembayaran kredit, mereka tidak ada yang macet. Maka, saya sebut menjalani usaha secara online terbilang bagus. Apalagi, hanya perlu duduk di rumah, datang pesanan, setelah itu dikirim ke pembeli,” jelasnya.
Tidak hanya usaha online, usaha lainnya yang mendapatkan pinjaman modal usaha dari Tabur Puja, rata-rata mengalami perkembangan yang cukup baik. Misalnya kerajinan, menjelang lebaran juga cukup banyak pesanan untuk persiapan pakaian baru lebaran.
Vonny menegaskan, Tabur Puja akan tetap konsisten membantu masyarakat dalam hal memperbaiki roda ekonomi keluarga. Karena sasaran dari Tabur Puja memang untuk membantu masyarakat yang tergolong prasejahtera.
Mereka yang selama ini sulit untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari pihak-pihak tertentu, Tabur Puja hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat prasejahtera yang ingin membuka usaha dan mengembangkan usahanya, sebagai upaya memperbaiki ekonomi keluarga.
Baca Juga
Lihat juga...