Tahun Ini Pemda NTB Bangun 5 Sumur Bor

Editor: Koko Triarko

228
Kepala BPBD NTB, Muhammad Rum/Foto: Turmuzi
MATARAM – Kekeringan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, hampir menjadi masalah yang terjadi setiap tahun. Kawasan selatan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa hampir menjadi langganan dan krisis air bersih.
Sayangnya, upaya penanggulangan setiap tahun masih dilakukan sebatas langkah jangka pendek, melalui proses droping air bersih ke sejumlah wilayah kabupaten/kota NTB terdampak kekeringan.
“Karena itu, sebagai upaya mengatasi masalah kekeringan jangka panjang, Pemda NTB tahun ini akan membangun sumur bor, khususnya di wilayah yang terdampak kekeringan” kata Kepala BPBD NTB, Muhammad Rum, di Mataram, Jumat (25/5/2018).
Kebijakan tersebut nantinya diharapkan bisa membantu mengatasi masalah kekeringan dan krisis air bersih, yang dialami masyarakat dan tidak harus mengandalkan proses droping semata.
Pembangunan sumur bor di semua wilayah terdampak kekeringan akan dilakukan bertahap, baik di Pulau Lombok maupun Sumbawa.
“Untuk tahap pertama, jumlah sumur yang akan dibangun sebanyak lima unit, yaitu empat di Pulau Lombok dan satu di Pulau Sumbawa” jelas Rum.
Dikatakan, satu sumur bor, Pemda NTB menggelontorkan anggaran sebesar Rp200.000.000, sehingga total anggaran mencapai Rp1.000.000.000.
Sebelumnya, hasil monitoring hari tanpa hujan (HTH) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Klimatologi Kelas l Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebut pada dasarian II bulan Mei 2018 berturut-turut di sebagian besar wilayah NTB menunjukkan kategori menengah antara 11-20 hari hingga sangat panjang, dengan panjang HTH 31 sampai 60 Hari.
Beberapa wilayah dengan kategori sangat panjang, antara lain Mataram, terdiri dari Ampenan, Kabupaten Lombok Tengah mencakup wilayah Mantang, Batukliang, Puyung, Jonggat, Kopang, Praya, Aikmual, Penujak, Selong Belanak, Darek, Batu Nyala, Mujur, Bilelando, Mertak dan Pujut.
Kabupaten Lombok Timur mencakup wilayah Sambelia, Karang Baru Timur, Wanasaba, Labuhan Haji, Montong Gading, Kotaraja, Rensing, Sakra Barat, Kokok Putih Sembalun dan Sukamulia.
Kabupaten Lombok Utara mencakup wilayah,, Gangga Sambik Bangkol. Kabupaten Sumbawa Barat antara lain Batulanteh, Labangka, Sukadamai, Labuhan Badas, Lape, Moyo utara dan Plampang. Kabupaten Dompu hanya wilayah Pajo. Kabupaten Bima mencakup wilayah Rasanae Timur, Madapangga, Bolo, Asakota, dan Raba.
Baca Juga
Lihat juga...