Tarawih Pertama, Ribuan Umat Padati Masjid Muhammad Bali

Editor: Mahadeva WS

596

DENPASAR – Ribuan umat muslim di Bali Rabu (16/5/2018) malam mulai menjalankan sholat tarawih. Di Masjid Muhammad Denpasar, terlihat ribuan jamaah secara khidmat menjalankan sholat sunnah di awal bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah tersebut.

Seperti layaknya masjid lainnya, dihari pertama, jamaah yang hadir sangat banyak. Bahkan Masjid Muhammad yang mampu menampung 1.750 jamaah, terpantau tidak mampu menampung jamaah yang datang. Alhasil sebagian jamaah terpaksa menjalankan sholat tarawih di pelataran masjid.

Jamaah yang datang tidak hanya dari masyarakat sekitar. Beberapa jamaah yang mengikuti salat tarawih juga berasal dari penjuru Kota Denpasar, bahkan dari luar Bali yang kebetulan sedang berlibur di pulau Bali.

“Jamaah salat Isyak dan tarawih di malam pertama ini mencapai 2.500 orang. Ini terbukti dengan banyaknya jamaah yang sholat hingga di luar atau di pelataran masjid,” ujar salah seorang pengurus takmir masjid Muhammad bernama Herman Abu Hanif, Rabu (16/5/2018).

Herman mengatakan, selain salat isya dan salat tarawih, selama Ramadhan pihaknya akan menggelar berbagai kegiatan keagamaan. Buka bersama, kajian rutin selama Ramadhan akan dilangsungkan setiap bakda salat Subuh serta bakda salat tarawih serta tadarus.

Herman menambahkan, pihaknya juga mendatangkan secara khusus para hafids muda dari Jakarta untuk menjadi imam sholat di Masjid yang terletak di Jalan Imam Bonjol Denpasar. Diantaranya hafids Salim Bahanan, Ibrohim Elhaq, M. Vikry, Ihtisan Arif, dan Hafids muda lainnya.

“Untuk Malam pertama ini yang menjadi Imam adalah Ibrohim Elhaq, sementara untuk Qultumnya di isi oleh ustadz Saknan Lc dengan tema Kesadaran dalam memaknai bulan suci ramadhan,” Imbuh Herman.

Kamis (17/5/2018), jutaan umat muslim di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa. Hal ini sesuai dengan hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Selasa (15/5/2018) yang memutuskan awal puasa Ramadhan jatuh pada Kamis (17/5/2018). Dua organisasi muslim besar seperti Muhammadiyah dan NU juga sepakat untuk mengawali puasa bersama.

Baca Juga
Lihat juga...