Tekuk Marseille 3-0, Atletico Madrid Angkat Trofi Liga Eropa

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

128

LYON — Atletico Madrid keluar sebagai kampiun Liga Eropa musim ini setelah menggulung Marseille 3-0 pada partai final yang digelar di Groupama Stadium di Lyon, Kamis dini hari. Ini adalah trofi Liga Eropa ketiga Atletico dalam delapan tahun terakhir.

Antoine Griezmann membuka keunggulan tim ibu kota Spanyol dan membuka peluang juara Liga Eropa 2010 dan 2012 untuk kembali mengangkat trofi tahun ini. Striker Perancis itu mencetak gol keduanya di awal babak kedua sebelum Gabi menambah gol ketiga Atletico ke gawang Marseille.

Marseille yang diuntungkan keadaan, tampil lebih dominan di awal babak pertama. Kerjasama apik Dimitri Payet dan Valere Germain membuka kesempatan Marseille untuk melahirkan gol pertama. Sayang tembakan Germain masih melebar dari gawang Atletico yang dikawal Jan Oblak.

Atletico nyaris tidak diberi kesempatan bernafas. Marseille kembali menggempur pertaahanan tim ibu kota Spanyol. Tapi sayang tembakan Adil Rami juga masih melebar dari gawang Jan Oblak. Menit 19, giliran Payet yang memaksa Oblak bekerja keras mengamankan gawangnya.

Dua menit kemudian, Atletico memecah kebuntuan melaalui serangan pertama yang dibangun skuad asuhan Diego Simeone. Adalah Antoine Griezmann yang memaksa Steve Mandanda memungut bola dari gawangnya sendiri.

Marseille mencoba bangkit mengejar ketertinggalan. Namun tim Perncis itu gagal menemukan ritme permainan terbaik di sisa babak pertama.

Empat menit usai jeda, Los Rojiblancos kembali menambah gol. Memanfaatkan umpan Koke, Griezmann melepas tembakan melewati Mandanda sekaligus menambah koleksi golnya di Liga Eropa musim ini menjadi enam.

Atletico yang mengincar kemenangan pertama atas lawannya asal Perancis sejak 1961, kembali mengancam. Kali ini Diego Godin melepas tembakan yang hanya mengenai bagian samping jaring. Kendati begitu, pengalaman di laga besar membuat Atletico tampil lebih baik.

Meski Marseille sempat memberi ancaman serius melalui Konstantinos Mitroglu dan Jordan Amavi. Namun percobaan keduanya belum berhasil membuahkan gol. Sebaliknya, Gabi membuat Atletico kembali menambah gol dan memastikan kemenangan 3-0 satu menit jelang bubar.

Susunan Pemain

MARSEILLE: Mandanda; Sarr, Rami, Luiz Gustavo, Amavi; Anguissa, Sanson; Thauvin, Payet (Lopez 32′), Ocampos (Njie 55′); Germain (Mitroglu 74′)

ATLETICO MADRID: Oblak; Lucas, Godin, Gimenez, Vrsaljko (Juanfran 46′); Gabi, Saul, Koke, Correa (Thomas 88′); Costa, Griezmann (Torres 90′)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.