Tingkatkan Kunjungan, China Airlines Buka Rute Balikpapan

Editor: Mahadeva WS

315

BALIKPAPAN – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balilpapan berharap China Airlines membuka rute penerbangan ke daerahnya. Hal itu dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Balikpapan. 

Data kunjungan wisata ke Balikpapan, terdapat 2,6 juta wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi di Balikpapan seperti pantai Manggar, pantai Lamaru, penangkaran buaya di Teritip hingga berwisata ke Kebun Raya Balikpapan di Km 15 Karang Joang.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan Oemy Fasesly optimis, kunjungan wisatawan ke Balikpapan akan terus meningkat hingga akhir tahun mendatang. Operasionalisasi Bandara APT Pranoto di Samarinda diyakini tidak akan berpengaruh pada tingkat kunjungan wisata ke Balikpapan.

“Dalam situasi apapun kami optimis, meski Bandara di Samarinda akan beroperasi. Karena saya punya pasar sendiri, apalagi Balikpapan sudah lebih dulu memiliki fasilitas bandara,” ungkapnya Rabu, (23/5/2018).

Berbagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan terus dilakukan. Mulai dari pembenahan infrastruktur obyek wisata di Pantai Manggar hingga penyelenggaraan berbagai even di kota minyak tersebut. “Bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah dan instansi terus berkoordinasi. Bahkan kami juga akan koordinasi dengan pihak maskapai China Airlines untuk membuka jalur penerbangan ke Balikpapan,” sebutnya.

Mengenai gelaran event wisata, Oemy menyebut pihaknya masih melakukan perencanaan. “Masih dalam proses tapi bisa saja kita menggelar seperti Anzac Day karena ada Tugu Australia di lapangan Merdeka atau wisata ke Makam Jepang di Lamaru,” sebut Perempuan berkerudung tersebut.

Berdasarkan data kunjungan terdapat 2,6 juta wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan. Angka Itu belum termasuk wisatawan asing yang jumlahnya mencapai 34 ribu orang. Kalau hari biasa, pantai Manggar bisa dikunjungi 800 orang dan pada momen tertentu seperti libur lebaran bisa mencapai 5 ribu orang.

Baca Juga
Lihat juga...