Warung Damandiri Tamanmartani Jadi Tempat Favorit Ngabuburit

Editor: Mahadeva WS

276

YOGYAKARTA – Sejak diresmikan November 2017 lalu, Warung Damandiri yang berada di Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, terus mengalami perkembangan dan kemajuan yang menggembirakan. 

Warung berkonsep Cafe Rakyat yang didirikan Yayasan Damandiri sebagai bagian Program Desa Mandiri Lestari tersebut, kini semakin eksis menjadi salah satu lokasi kuliner pilihan masyarakat. Bahkan selama Ramadan ini menjadi tempat favorit ngabuburit dan buka bersama masyarakat.

Setiap sore hingga malam hari, khususnya saat waktu berbuka, Warung Damandiri Tamanmartani selalu ramai pengunjung. Warga yang datang berasal dari berbagai kalangan. Mereka biasanya adalah kaum muda yang hendak menikmati buka puasa bersama.

Manager Koperasi Tamanmartani Sejahtera, yang juga pengelola Warung Damandiri Maimunah menyebut, tak sedikit rombongan atau kelompok masyarakat yang sengaja memesan tempat untuk menunggu waktu berbuka atau Ngabuburit hingga menggelar acara buka bersama.

Manager Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, selaku pengelola Warung Damandiri – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Banyak yang pesan untuk menggelar acara buka bersama. Biasanya sebelum hari H. Kadang rombongan 15 orang, kadang sampai puluhan orang. Biasanya dari kelompok tertentu seperti sekolah, instansi, perusahaan, atau komunitas,” jelasnya, Kamis (24/5/2018).

Dipilihnya Warung Damandiri sebagai tempat menggelar acara buka bersama menjadi bukti keberadaannya sudah semakin diterima di masyarakat. Lebih dari itu, keberadaan Warung Damandiri juga terbukti mampu menumbuhkan ekonomi di Desa Tamanmartani.

Berada di tengah Desa Tamanmartani yang berada di sisi barat Candi Prambanan, Warung Damandiri kini lebih dikenal sebagai Warung Kopi Damandiri. Keberadaanya didirikan sebagai salah satu unit usaha Koperasi di tingkat desa.

Bersama dengan pembangunan homestay, Warung Damandiri diharapkan mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Yang pada akhirnya mampu ikut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh warga desa.

Lihat juga...

Isi komentar yuk