Yudi Purnomo Harahap-Ketua WP KPK, Gantikan Novel

Editor: Koko Triarko

568
Novel Baswedan saat jumpa pers di Gedung KPK Jakarta, Senin (28/5/2018). –Foto: Eko Sulestyono
JAKARTA – Rencananya, Ketua Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yudi Purnomo Harahap, akan dilantik di Gedung KPK Jakarta, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (28/5/2018) sore ini.
Yudi Purnomo dilantik sebagai ketua WP KPK yang baru untuk menggantikan ketua lama yang dijabat Novel Baswedan.
Pernyataan terkait pergantian ketua tersebut disampaikan langsung kepada wartawan oleh Novel Baswedan, saat tiba di Gedung KPK Jakarta siang tadi.
“Saya datang ke Gedung KPK untuk menghadiri acara pelantikan Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK yang baru, yaitu Yudi Purnomo Harahap, untuk menggantikan saya”, kata Novel Baswedan, di Gedung KPK Jakarta.
Novel Baswedan merupakan seorang penyidik senior KPK yang berasal dari unsur kepolisian, dengan pangkat terakhir Komisaris Polisi (Kompol). Novel secara resmi telah mengundurkan diri dari kedinasan sebagai anggota Kepolisian Negara  Republik Indonesia (POLRI).
Salah satu prestasi terbaik Novel selama bekerja sebagai penyidik di KPK, berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) proyek pengadaan alat simulator pengujian Surat Izin Mengemudi (SIM) milik Korps Lalu-Lintas (Korlantas) Mabes POLRI.
Namun, pada April 2017, Novel tiba-tiba ramai diberitakan terkena siraman cairan bahan kimia yang mengenai bagian muka dan kedua matanya. Akibatnya, Novel harus menjalani operasi dan rawat jalan di sebuah rumah sakit di Singapura.
Sementara itu, Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, saat dikonfirmasi wartawan di Gedung KPK Jakarta, membenarkan terkait pergantian Ketua WP KPK tersebut.
Menurut Febri Diansyah, pemilihan ketua yang baru tersebut telah dilakukan dalam dua tahap, pada Mei 2018.
“Nanti saudara Yudi Purnomo Harahap akan dilantik sebagai Ketua Wadah Pegawai KPK yang baru periode masa jabatan 2018 hingga 2020. Sebenarnya, ada 11 calon kandidat ketua, kemudian mengerucut menjadi 6 pada pemilihan tahap pertama”, kata Febri Diansyah.
Yudi Purnomo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua WP KPK untuk menggantikan Novel Baswedan pada proses pemilihan tahap kedua. Yudi Purnomo merupakan Ketua WP KPK ke-6 sejak lembaga anti rasuah tersebut berdiri 14 tahun ini.
Baca Juga
Lihat juga...