hut

1.500 Hektare Lahan Padi di Mukomuko Terima Bantuan Dana

Lahan padi, ilustrasi -Dok: CDN
MUKOMUKO – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengatakan, tahun ini 1.500 hektare lahan kering milik petani setempat akan menerima bantuan dana untuk membeli benih padi gogo, dan sarana produksi (saprodi) dari pemerintah pusat.
“Lahan kering seluas itu tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Taramang Jaya, Kecamatan Penarik dan Kecamatan Lubuk Pinang,” kata Wahyu Hidayat, Kabid Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, di Mukomuko, Jumat (1/6/2018).
Ia menyatakan, luas lahan pertanian yang mendapatkan bantuan dana untuk membeli benih padi dan saprodi dari pemerintah pusat pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya seluas 1.000 hektare.
Sedangkan bantuan dana untuk membeli benih padi gogo dan saprodi, yakni sebesar Rp695.000 per hektare, dengan rincian setiap haktare lahan mendapat bantuan dana sebesar Rp437.500 untuk membeli benih padi dan Rp257.500 untuk saprodi.
Ia menyatakan, instansinya telah merekomendasikan pencairan dana untuk membeli benih padi gogo dan saprodi. Sekarang ini, katanya, sudah ada sebagian lahan seluas 1.500 hektare yang telah mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat.
Ia menyatakan, 200 hektare lahan di Kecamatan Malin Deman yang sudah ditanami padi, dan sejumlah lahan kering di Kecamatan Sungai Rumbai.
Ia menyatakan, saat ini masih ada seluas ribuan hektare lahan kering yang mendapatkan bantuan dana untuk membeli benih padi gogo dan saprodi yang belum ditanami padi.
Ia memastikan, beberapa bulan ke depan seluruh lahan kering yang mendapatkan bantuan dana untuk membeli benih padi gogo dan saprodi ditanami padi. (Ant)
Lihat juga...