27 Juni, KPU Minta Masyarakat Kaltim Datangi TPS

Editor: Mahadeva WS

239

BALIKPAPAN – KPU Kalimantan Timur bersama kabupaten dan kota gencar melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilkada Gubernur yang pemungutan suaranya akan digelar 27 Juni mendatang. Upaya sosialisasi itu dilakukan untuk meningkatkan angka partisipasi dan menekan angka golput.

“Saat ini kami gencarkan sosialisasi agar partisipasi pemilih meningkat dan sosialisasi itu sudah cukup merata ke semua segmen,” tandas Komisioner KPU Kota Balikpapan, Endang Susilowati, Jumat (22/6/2018).

Sasaran sosialisasi bukan hanya pelajar, mahasiswa maupun pekerja. Namun juga mensasar golongan keluarga karena dianggap memiliki pemilih yang lengkap. Amanat KPU RI, dalam keluarga itu juga ada pemilih pemula, pemilih perempuan hingga pemilih yang lanjut usia.

Dengan sosialisasi yang dilakukan, Endang meyakini, partisipasi masyarakat Kota Balikpapan akan meningkat di Pilgub Kaltim kali ini. Hal itu jika dibandingkan dengan jumlah pemilih di Pemilihan Wali Kota. Kendati ada yang menyebut, saat pencoblosan pada 27 Juni mendatang, TPS bakal sepi. “Kalau ada yang mengatakan TPS bakal sepi pemilih karena masih suasana libur lebaran, saya pikir itu hanya asumsi publik saja,” tandasnya.

Di Kota Balikpapan, DPT berisi 414.357 pemilih. Jumlah tersebut merupakan rekapitulasi dari enam kecamatan dengan jumlah pemilih paling sedikit ada di TPS 23 Lamaru yang mencapai 79 pemilih dan TPS 10 Teritip dengan 80 pemilih.

Jumat (22/6/2018) malam, KPU Kaltim menggelar acara debat publik untuk Cagub dan Cawagub Kaltim di Gedung Kesenian Balikpapan. Para pendukung dari keempat pasangan calon memadati kegiatan tersebut sejak sore hari.

Ketua KPU Kaltim Muhammad Taufik mengatakan, debat publik kali ini merupakan akumulasi pamungkas dari debat pertama dan kedua. Oleh karenanya, masyarakat Kaltim bisa mencoblos sesuai pilihannya. “Debat publik mengambil tema aktual reformasi birokrasi, pelayanan publik dan pemberantasan korupsi,” sebutnya.

Taufik mengingatkan, peserta maupun masyarakat Kaltim untuk tidak lupa datang ke TPS tempat pencoblosan mulai pukul 07.00 hingga 13.00 wita. “Jangan lupa membawa C6 dan surat keterangan bagi yang belum memperoleh KTP elektronik,” imbuhnya.

Lihat juga...

Isi komentar yuk