681 Lembar Surat Suara Pilkada NTT Nyasar ke NTB

Editor: Mahadeva WS

501
Contoh surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT 2018. Foto : Ebed de Rosary

KUPANG – 681 lembar surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur NTT salah kirim. Surat suara tersebut diketahui nyasar ke Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB.

KPU NTT menemukan surat suara untuk NTT dikirim ke dua kabupaten di NTB. Terkirim ke Lombok Timur ada tiga lembar surat suara dan terkirim ke Sumbawa sebanyak 678 lembar. Sehingga total surat suara yang nyasar ada 681 lembar.

Surat suara yang nyasar ke Sumbawa terbagi di dua bok, yaitu dus nomor 81 ada 426 lembar dan di dus nomor 83 ada 252 lembar. “Surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT yang nyasar ke Sumbawa tersebut sebanyak 678 lembar dan bukan sebanyak 4 ribu lembar seperti yang diberitakan media, “ sebut Yosafat Koli, juru bicara KPU NTT, Selasa (12/6/2018).

Adanya salah kirim tersebut telah di dikomplain oleh KPU NTT ke pihak penyedia yaitu PT. Temprina Mefia Grafika. “Jadi di dalam dus yang dikirim ke NTB terselip surat suara untuk NTT. Kami sudah komplain ke PT. Temprina Mefia Grafika agar segera ditindaklanjuti permasalahan ini agar pencoblosan pada 27 Juni nanti tidak terkendala,” tambahnya.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Fointuna mengatakan, kekurangan surat suara tersebut diketahui saat dilakukan penyortiran. “Kurangnya surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT diketahui Minggu (10/6/2018), setelah kotak surat suara tiba dan hendak dilakukan penyortiran oleh KPU NTT,” jelasnya.

Hasil penelusuran kata Jemris, surat suara yang dikirim PT.Temprina Media Grafika  itu dimasukkan ke dalam dua boks yang dikirim ke Satker kabupaten Sumbawa beralamat Jalan Garuda Nomor 109 Sumbawa Besar yang merupakan bekas Kantor Pajak dan Perhutani.

Dengan temuan tersebut, Bawaslu NTT menurutnya, akan mempertanyakan secara resmi hal tersebut ke KPU NTT. Bawaslu berharap masalah tersebut tidak terjadi di 10 kabupaten lain di NTT. Saat ini ada beberapa daerah di NTT menyelenggarakan Pilkada bupati dan wakil bupati. Jika terjadi salah kirim dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan.

Baca Juga
Lihat juga...