700 Kg Sampah Diangkut Setiap Hari dari Sungai Tukad Badung Denpasar

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

301

DENPASAR — Sampah masih menjadi permasalahan yang tak kunjung usai di Kota Denpasar. Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang ke sungai seolah menjadi barang mahal.

Seperti yang terlihat di sungai Tukad Badung Denpasar ini misalnya, ratusan kilogram sampah dipungut setiap harinya yang tersangkut di jaring milik Dinas Penataan Umum Dan Tata Ruang Kota Denpasar.

Karsianto, petugas jaring sampah dari Dinas Penataan Umum dan Tata Ruang Kota Denpasar mengatakan,  yang berhasil tersangkut didominasi oleh sampah plastik dan limbah rumah tangga.

Jaring sampah
Jaring sampah Dinas Penataan Umum Dan Tata Ruang Kota Denpasar. Foto: Sultan Anshori

Sampah tersebut kebanyakan berasal dari hulu lalu terbawa arus sungai hingga ke hilir dengan melintasi sungai terbesar di Kota Denpasar ini.

“Rata-rata setiap hari kami membuang dari sungai ini sebanyak satu dum truk dengan berat hampir 700 kg,” ucap Karsianto saat ditemui, Rabu, (27/6/2018).

Bahkan, kondisi tersebut kian parah di kala musim hujan datang. Tidak hanya sampah plastik dan limbah rumah tangga, limbah pepohonan hingga bangkai hewan juga ikut terbawa arus sungai.

Rata-rata yang diambil dari bantaran sungai meningkat empat kali lipat dari hari biasa atau sebanyak 2.800 kg sampah basah.

Tidak hanya menangani sampah dari sungai, pihaknya juga melayani langsung ke masyarakat sekitar.

“Ya ketimbang mereka membuang sembarangan termasuk ke dalam sungai,” imbuh pria asli Lumajang Jawa Timur ini.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya meningkatkan kualitas sungai yang melintasi Kota Denpasar.

Salah satu cara yang telah dilakukan yaitu memasang jaring di sejumlah titik. Hal tersebut dilakukan meminimalisir sampah yang melintas di sungai. Sehingga diharapkan, sungai di Kota Denpasar ini semakin bersih.

Bahkan, dalam keseriusannya pihak Pemkot Denpasar mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) No 1 Tahun 2015 Tentang Ketertiban Umum Kota Denpasar mengenai membuang sampah sembarang dengan didenda dari 500 ribu hingga 5 Juta Rupiah.

Baca Juga
Lihat juga...