9.447 Pemudik Dilepas di TMII

Editor: Satmoko

270

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah resmi melepas 9.447 pemudik dengan menggunakan bus ke 35 daerah kabupaten dan kota. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program Mudik Bareng Jawa Tengah 2018.

Rombongan bus mudik tersebut dilepas oleh Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko di halaman Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (10/6/2018), pukul 10.30 WIB.

“Saya sengaja datang ke Jakarta untuk menjemput warga Jawa Tengah mudik Lebaran. Selamat mudik bareng semoga selamat di perjalanan hingga sampai kampung halaman, bersilaturahmi di hari Raya Idul Fitri bersama keluarga,” kata Heru saat melepas pemudik.

Plt. Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko (keempat dari kanan) saat memberikan sambutan Mudik Bareng 2018 Jawa Tengah di halaman Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII, Jakarta, Minggu (10/6/2018). Foto: Sri Sugiarti.

Dia mengatakan, kegiatan mudik bareng ini telah 13 kali diadakan Pemprov Jawa Tengah bekerja sama dengan kabupaten/kota dan Bank Jateng.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Jawa Tengah untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarawat Jawa Tengah yang mengadu nasib di Jakarta, agar bisa merayakan Idul Fitri dengan keluarga tercinta di kampung halaman.

Terpenting lagi, tegas Heru, pelaksanaan program ini untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan para pemudik dan mengurangi terjadinya kemacetan yang disebabkan oleh penumpukan kendaraan para pemudik, terutama kendaraan roda dua.

Heru bersyukur dan bangga setiap tahun, pihaknya dapat melaksanakan mudik bareng bagi masyarakat Jawa Tengah yang tersebar di berbagai daerah, terutama Jakarta yang jumlahnya banyak sekali.

Tahun 2017, sebut dia, Pemprov Jawa Tengah melepas mudik bareng dari berbagai daerah sebanyak 8,2 juta jiwa. Tahun ini jumlahnya naik 10 persen menjadi 9 juta jiwa.

“Pemudik yang dilepas hari ini dari TMII sebanyak 9.447 orang dengan fasilitas 185 bus AC. Mudah-mudah tidak masuk angin ya,” ujar Heru.

Selain dengan bus, tambah dia, pemudik juga difasilitasi dengan tiga rangkaian kereta api yang akan diberangkatkan pada Selasa (12/6/2018). Keberangkatan pertama ke Kutohardjo pukul 6.45 WIB, kedua adalah siang pukul 12.00 WIB jurusan Solo, dan ketiga pukul 23.20 WIB jurusan Semarang. “Pemudik dengan kereta tercatat 2.400 orang,” kata Heru.

Kegiatan ini, diharapkan bisa meringankan beban masyarakat Jawa Tengah yang bekerja di berbagai sektor di Jabodetabek, dan juga warga yang kurang mampu dalam mendapatkan kenyamanan transportasi.

“Penghasilan yang diperoleh, dapat mereka bawa pulang ke kampung halaman dengan utuh. Diharapkan mereka bisa menggeliatkan ekonomi daerahnya,” ujarnya.

Turpadi (70), warga Tegal mengaku terbantu dengan program mudik bareng ini. Apalagi dirinya sebagai supir bajaj di bilangan Tebet yang tentu berpenghasilan tidak terlalu tinggi.

Dia juga mengaku setiap tahun ikut mudik bareng yang diselenggarakan Pemprov Jawa Tengah. “Alhamdulillah saya terbantu dengan mudik bareng ini, yang harusnya bayar jadi nggak. Uang saya bisa dibawa pulang buat keluarga berlebaran,” ujarnya.

Baca Juga
Lihat juga...