Anjungan Jawa Tengah TMII Sukseskan Mudik Bareng 2018

Editor: Satmoko

382

JAKARTA – Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), turut menyukseskan Mudik Gratis 2018 ke Jawa Tengah.

Kepala Anjungan Jawa Tengah TMII, Hamirun mengatakan, peran anjungan yang berada di bawah Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, tentunya terlibat langsung menyukseskan mudik bareng ini, setiap tahunnya.

“Anjungan mengacu pada program pemerintah pusat, dalam hal ini gubernur Jawa Tengah. Kami turun langsung menyukseskan mudik bareng ini, dengan melayani para pemudik,” kata Hamirun kepada Cendana News, saat ditemui di sela-sela pelepasan Mudik Gratis 2018 di halaman Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII, Jakarta, Minggu (10/6/2010).

Menurutnya, kegiatan ini sebagai komitmen dan bentuk kepedulian pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah untuk membantu warganya yang bekerja di berbagai daerah, utamanya di Jakarta.

Juga membantu masyarakat kurang mampu yang ingin pulang kampung tapi terkendala transportasi secara pasti, nyaman, dan aman.

“Mudik ini membantu masyarakat kecil yang pas Lebaran merasakan biayanya tinggi. Alhamdulillah mudik ini yang ke-13 kalinya digelar,” ujarnya.

Hamirun berharap penghasilan mereka yang seharusnya untuk biaya mudik, bisa disimpan untuk dibawa pulang ke kampung halaman.

Sehingga kata dia, mereka tidak perlu mengeluarkan uang di Jakarta. Tetapi menggunakannya untuk keperluan di daerahnya.

“Jadi, uang itu bisa membangun daerahnya, untuk memajukan daerahnya,” imbuhnya.

Terkait program mudik bareng yang setiap tahun digelar di TMII, Hamirun menyebutkan, tiada lain adalah untuk memperkenalkan TMII kepada masyarakat, khususnya tahun ini Jawa Tengah yang akan mudik tersebut.

Karena, bisa jadi, menurut dia, sebagian dari mereka ada yang belum pernah jalan-jalan ke TMII. Diharapkan suatu saat sepulang mudik atau saat liburan, mereka bisa berkunjung ke TMII melepas kangen melihat seni budaya daerahnya.

Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII,Dwi Windyarto. Foto : Sri Sugiarti.

Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII, Dwi Windyarto mengatakan, pihaknya mendukung gelaran mudik bareng Lebaran yang digagas pemerintah Jawa Tengah yang dilepas di area TMII.

Menurutnya, sinergi ini sudah terjalin sejak lama yakni memberikan fasilitas untuk menyukseskan mudik gratis.

“Mudik Lebaran itu tradisi yang tak boleh pudar. Tradisi itu juga budaya yang tentu harus kita dukung. Dalam hal ini memberikan kenyamanan para pemudik,” ujarnya kepada Cendana News.

Sinergi TMII lainnya dalam menyukseskan mudik Lebaran adalah dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Sido Muncul, PT Telekomunikasi, dan perusahaan lainnya.

Baca Juga
Lihat juga...