Asisten Pelatih Liverpool Pilih Gabung Fenerbache

664

LIVERPOOL – Teka teki kelanjutan kiprah asisten pelatih Liverpool, Zeljko Buvac bersama The Reds lambat laun terjawab. Asisten Jurgen Klopp itu dilaporkan hampir pasti ditunjuk sebagai bos baru klub asal Turki, Fenerbache.

Kabar ini menjadi jawaban sejumlah pertanyaan yang muncul sejak ia meninggalkan Liverpool pada akhir April lalu. kepergiannya dipicu perbedaan pendapat dengan Jurgen Klopp, meski pihak klub bersikeras bahwa kepergian Buvac hanya bersifat sementara.

Saat itu pihak klub menyebut Buvac pergi untuk alasan yang bersifat personal. Padahal, kehadiran Buvac sangat dibutuhkan mengingat ia merupakan sosok sentral dibalik sukses Jurgen Klopp. Selain itu, Liverpool tengah berjuang menunju puncak Liga Champions.

Sejak itu, pelatih berusia 50 tahun tersebut dikaitkan dengan Arsenal. Ia sempat masuk bursa sebagai kandidat pengganti Arsene Wenger di Emirates Stadium. Namun demikian, media asal turki, Sporx, mengklaim bahwa Buvac telah mencapai kata sepatan dengan Fenerbache untuk menggatikan Aykut Kocaman.

Jika dirunut ke belakang, proses kepindahan Buvac ke Turki tak lepas dari peran Damien Comolli. Mantan petinggi Liverpool itu kini menjabat sebagai direktur olahraga Fenerbache yang baru. Perannya diyakini cukup besar dalam proses terjadinya kesepakatan antaara kedua belah pihak.

Seperti dilansir SportsMole, pengumuman kepindahan Buvac ke Fenerbache akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Itu artinya, kerjasama erat dengan Jurgen Klopp yang berlangsung selama 17 tahun bakal berakhir.

Zeljko Buvac lahir di Omarska, Bosnia pada 13 September 1961. Berposisi sebagai gelandang serang, Buvac mengawali karir senior di Lunar Ljubija pada 1985-1986. Selanjutnya ia mengembangkan karir di Borac banja Luka, Rot-Weib Erfurt, Mainz 05, dan Neukirchen.

Karir kepelatihan dimulai di bekas klubnya, Neukirchen pada 1998-2001, setelah itu ia berlabuh di Mainz 05 sebagai asisten pelatih hingga 2008. Di sinilah kerjasama apik dengan Klopp yang juga mantan rekan setimnya terbang.

Dari Mainz, masih bersama Klopp ia melanjutkan kiprah sebagai asisten di Borussia Dortmund hingga 2015. Kemudian, saat Klopp hijrah ke Merseyside, Buvac ikut bersamanya hingga akhirnya pergi pada April sekaligus menandai akhir kerjasama keduanya.

Baca Juga
Lihat juga...