Asprov PSSI DIY Dibekukan, Liga Pelajar U-12 Jalan Terus

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

325
Suwito Koordinator Provinsi Liga Pelajar Piala Menpora U-12 (LPU12). Foto: Sodik

YOGYAKARTA — Pembekuan Asprov PSSI DIY oleh PSSI Pusat menyusul persoalan internal yang tak kunjung usai, tidak mempengaruhi kegiatan Liga Pelajar Piala Menpora U-12. Kompetisi tetap digulirkan mulai Sabtu (30/6/2018) di Lapangan Mojo, Kretek, Bantul.

Suwito, Koordinator Provinsi LPU-12 mengungkapkan, kegiatan merupakan hajatan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Sehingga pembekuan tidak serta merta menghentikan kegiatan yang digelar untuk pembinaan usia dini dan muda.

Wusito tidak menampik jika seharusnya kegiatan dilakukan bersinergi dengan Asprov PSSI DIY. Hanya saja karena tidak memungkinkan, maka Panitia Pelaksana (Panpel) Liga Pelajar memilik tetap berkomitmen melaksanakan gelaran tersebut.

“Program pembinaan harus tetap jalan. Seharusnya memang kami bersinergi walau pun gelaran ini adalah hajatannya Kemenpora. Tapi kondisi Asprov sedang mengalami masalah sementara kami tidak mungkin menghentikan kegiatan,” kata Suwito, Jumat (29/6/2018).

Selain itu, kata Suwito, event tidak mungkin dihentikan begitu saja karena Panpel pusat telah menentukan seri nasional akan digelar pada awal September mendatang. Dengan begitu, kegiatan tidak mungkin diundur karena masih ada tahapan lain yang harus dilalui sebelum maju ke tingkat nasional.

Koordinator LPU12 Regional Bantul, Rudi Hartono menambahkan, untuk wilayah Bantul akan diikuti delapan tim dari sekolah sepak bola. Terdiri dari SSB Baturetno Orange, Baturetno Abu-abu, Persopi Elti, Persiba, Pors Segoroyoso, Seta Muda, dan Pendowoharjo.

Pada hari pertama LPU12 regional Bantul, akan digelar 10 pertandingan dimulai pukul 07.00 hingga 11.10. Di mana masing-masing tim akan melakoni laga dengan durasi selama 25 menit. Baturetno Orange menjadi tim pertama yang akan bertanding meladeni SSB Baturetno Abu-abu.

Nantinya dari tingkat regional akan diambil tiga tim terbaik untuk bersaing dengan wakil dari regional lain di tingkat provinsi. Seri provinsi sendiri akan digelar pada akhir Juni 2018.

Juara di seri ini akan mewakili DIY di seri nasional awal September di Balikpapan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018.

Lihat juga...

Isi komentar yuk