banner lebaran

Bakul Purun, Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Editor: Koko Triarko

213
BANJARMASIN – Bakul Purun sebagai salah satu kantong belanja tradisional berbahan dasar enceng gondok, khas Kalimantan Selatan, menarik perhatian retail modern di Banjarmasin.
Corporate Communication GM Transmart Carrefour, Satria Hamid, menjanjikan ke depan bakul purun akan dipasarkannya di seluruh retailnya yang ada di Indonesia.
“Kita melihat selain desainnya unik, bakul purun juga bisa menjadi alternatif kantong belanja yang ramah lingkungan. Karena itu, kita coba dorong produk ini agar tidak hanya bisa hadir di Banjarmasin saja, namun juga ke cabang kita lainnya di Indonesia,” jelasnya, di Banjarmasin, Jumat (8/6/2018).
Menurutnya, di cabang terbarunya di Banjarmasin, bukan hanya menyediakan kantong plastik ramah lingkungan dan menjual bakul purun untuk kantong belanja. Namun juga menggandeng 112 pemasok lokal dengan 1.200 produk yang dijual, dan merekrut sekitar 700 orang tenaga kerja lokal.
Diharapkan melalui cara ini, Transmart bisa membawa manfaat bagi Kota Banjarmasin, khususnya ikut berpartisipasi dalam mendorong geliat ekonomi mikro hingga penyerapan tenaga kerja lokal di sektor informal.
Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Transmart dalam mendukung Pemko Banjarmasin untuk meminimalkan limbah sampah plastik.
Ia berharap, langkah menyediakan kantong plastik ramah lingkungan dan menjual bakul purun sebagai alternatif kantong berbelanja, nantinya bisa diikuti oleh retail modern lainnya di Banjarmasin.
“Kami juga berharap produk lokal yang dipasarkan di Transmart, tidak terkecuali bakul purun, bisa juga dijual di outlet Transmart lainnya yang ada di Indonesia,” pungkasnya.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.