banner lebaran

Bandara SAMSS Buka Posko Pengaduan Keluhan Tiket

Editor: Koko Triarko

180
BALIKPAPAN — Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan (SAMSS) membuka posko pengaduan masalah tiket di terminal pemberangkatan, untuk mengakomodir keluhan pengguna jasa transportasi udara mengenai harga tiket pesawat, atau pun keluhan lainnya.
Direktur Navigasi Penerbangan Kemenhub RI, Elfi, mengungkapkan, hampir rata-rata menerima berita adanya kenaikan harga melebihi batas atas, namun setelah dilakukan observasi langsung dengan bukti yang otentik tidak ditemukan maskapai yang menjual tiket melebihi batas atas.
“Alhamdulilah di angkutan lebaran ini walaupun banyak informasi mengenai tarif melebihi batas atas, tetapi kami belum menemukan,” tegasnya, Rabu, (13/6/2018).
Dia mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan ke posko pengaduan yang ada di Bandar Udara, dengan tata cara apa saja yang dilaporkan ke posko pengaduan. “Jadi, saat melaporkan harus ada bukti berapa harga tiket, rute penerbangan, tanggal berapa pembeliannya dan pemberangkatanya. Kemudian beli tiket di mana. Kita dari Kementerian Perhubungan akan menindaklanjuti airlines yang tidak sesuai peraturan dan ketentuan,” jelas Elfi kepada media.
Elfi pun menyampaikan siap membantu kelancaran dan kenyamanan penumpang pengguna jasa transportasi udara. “Sudah ada kebijakan yang mengatur dan sanksinya bila airline melanggar,” imbuhnya.
Menanggapi tarif batas atas dan batas bawah tersebut, Stasion Manager Sriwijaya Air di Balikpapan, Roy F Watulingas, mengatakan setiap airlines sudah memiliki petunjuk sesuai aturan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016 aturan batas atas dan bawah. Karenabila airline melanggar, sanksinya berat, pencabutan izin dan pembekuan rute penerbangan baru.
“Kalau pun ada (pelanggaran tarif) barang kali penumpang salah melihat tiket pesawat, seperti pesawat transit sehingga tarif bisa melebih,” imbuh Roy.
Menurutnya, alasan batas bawah dan atas diatur bila terjadi peak season dan low bisa diatur sesuai dengan kebijakan yang ada.
“Kenapa tarif itu diatur, kalau tidak diatur ketika peak seasion harga 300 dijual bisa berebut juga. Sudah hukum pasar kan kalau demand tinggi. Saya yakin tidak ada airline yang melampaui batas atas,” tambahnya.
Roy menambahkan, tiket untuk Sriwijaya hingga hari H lebaran sudah habis terjual, bahkan pihaknya juga menambah satu ekstra flight tujuan Balikpapan – Makassar pada hari ini Rabu (13/6).
“Rute gemuknya yaitu Makassar, Surabaya, Yogya, Surabaya dan Jakarta,” tukasnya.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.