Banjarnegara Berupaya Tingkatkan Produksi Pertanian

245
Lahan pertanian, ilustrasi -Dok: CDN
BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono, mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan produksi pertanian di wilayah setempat.
“Pemkab Banjarnegara akan terus berupaya meningkatkan produksi pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata Budhi Sarwono, di Banjarnegara, Selasa (26/6/2018).
Bupati menegaskan, pengembangan sektor pertanian perlu dilakukan secara intensif, karena dapat meningkatkan kesejahteraan petani di wilayah setempat.
“Salah satu upaya meningkatkan produksi pertanian, juga dilakukan dengan intensifikasi pertanian dengan sapta usaha tani,” katanya.
Pemkab Banjarnegara, kata dia, terus melakukan pendampingan kepada para petani, termasuk terkait pemilihan bibit dan pemilihan benih dengan ketahanan penyakit.
Selain itu, kata dia, sosialisasi mengenai pemupukan yang berimbang, pengendalian hama, pengairan, pemasaran produksi pertanian, dan lain sebagainya juga terus dilakukan.
Untuk menyukseskan pengembangan sektor pertanian, kata Bupati, pihaknya terus berupaya membangun infrastruktur pendukung.
“Infrastruktur pendukung pengembangan pertanian sebagai jalan usaha tani tidak bisa dikesampingkan, karena menjadi salah satu faktor penting berkembangnya sektor pertanian di suatu wilayah,” katanya.
Selain itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, juga terus mendorong para petani di wilayah tersebut untuk menerapkan budi daya ikan air tawar di lahan sawah pertanian padi atau minapadi.
Dengan menerapkan minapadi, petani dapat lebih menghemat biaya produksi dan memperoleh lebih banyak keuntungan.
Menurut data dari Dinas Pertanian Banjarnegara, wilayah tersebut memiliki potensi lahan sekitar 111,28 hektare untuk minapadi. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...