Basarnas Patroli di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni

Editor: Mahadeva WS

283

LAMPUNG – Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) melakukan patroli di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni. Pemantauan dilakukan melalui udara dan laut.

Kepala Seksi Humas kantor Badan Pencarian dan Pertolongan kantor SAR Lampung Deny Kurniawan menyebut, pemantauan dilakukan lewat udara dan laut hasil kerjasama dengan TNI AL. Pemantauan menggunakan helikopter jenis Panther HS 4203.

Pemantauan melalui laut di jalur pelayaran Lampung Bakauheni dilakukan dengan Kapal Negara (KN) SAR Basudewa. Pemantauan di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni dimulai sejak Selasa (12/6/2018) hingga Minggu (24/6/2018). Patroli lintasan Bakauheni Merak dan sebaliknya merupakan kerjasama antara kantor SAR Lampung dan kanto SAR Banten.

Helikopter jenis Panther HS 4203 yang dipergunakan untuk pemantauan udara oleh kantor SAR Jakarta,Banten,Lampung [Foto: Ist/ Henk Widi]
“Personil dikerahkan untuk melakukan patroli darat, laut dan udara di jalur mudik dengan menggunakan sarana yang telah disiapkan agar tercipta kondisi aman bagi pemudik,” tambah Deni, Rabu (13/6/2018).

Pemantauan dilakukan secara bergantian antara kantor SAR Lampung, kantor SAR Jakarta, dan kantor SAR Banten. Pemantauan berkesinambungan tersebut dilakukan secara bergantian. Dari wilayah perairan Lampung dilakukan mempergunakan KN Drupada 208 dan dari wilayah perairan Banten dilakukan oleh KN SAR Basudewa. Patroli di jalur tersebut disebutnya juga dikoordinasikan dengan pihak terkait dalam angkutan lebaran diantaranya KSOP, ASDP, BPTD.

Patroli perairan terutama dilakukan di alur masuk dan alur keluar kapal roll on roll off (Roro). Koordinasi dengan dua posko siaga SAR dilakukan agar pemantauan wilayah perairan tidak terputus selama angkutan lebaran. Kantor SAR Lampung menyiagakan 69 personel dan yang disiagakan di Pelabuhan Bakauheni ada 29 orang.

Kantor SAR Lampung juga mengoperasikan alat utama (alut) yaitu, satu unit KN SAR 208 Drupada, satu unit kapal Rib 03 Kantor SAR Lampung, posko yang didirikan didukung Komunikasi Mobile (Komob), truk personil berikut perangkat komunikasinya. Semua peralatan tersebut disiagakan di terminal antarmoda pelabuhan Bakauheni dan KN SAR Drupada disiagakan di pelabuhan BBJ Bakauheni.

Patroli SAR Lampung dilakukan oleh tim yang siaga dan mobile juga mencatat adanya peningkatan pemudik dari luar Sumatera hingga H-2 lebaran. Perkiraan peningkatan jumlah pemudik asal Jawa tujuan Sumatera terpantau melalui data ASDP Merak dan ASDP Bakauheni.

Baca Juga
Lihat juga...