Baznas Bali Salurkan Zakat ke Para Mustahik

Editor: Koko Triarko

DENPASAR — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bali, kembali menyalurkan zakat kepada para penerima yang berhak (mustahik), di tengah acara sosialisasi dan layanan pembayaran zakat di jajaran pejabat dan pegawai muslim Pemprov Bali, di Aula Kantor Bappeda Provinsi Bali, Kamis (7/6/2018).
Ketua Baznas Provinsi Bali, H. Mahrusun, M. Serta jajaran pengurus lainnya langsung menerima penyaluran zakat sekaligus menyalurkannya kepada para mustahik.
Antara lain berupa Bedah Rumah sebanyak tiga unit atas nama di Desa Sambirenteng, Buleleng, dengan nilai masing-masing Rp25-30 juta, bantuan modal usaha UMKM di Jembrana dengan nilai Rp7,5 juta.
Penyaluran zakat juga dalam bentuk bantuan beasiswa program SKSS kepada 16 mahasiswa kurang mampu secara ekonomi, yang kuliah di beberapa kampus di Kota Denpasar, masing-masing Rp5 juta.
“Kami juga menyalurkan zakat untuk komunitas yatim, seperti Asosiasi Pemerhati Panti Asuhan Nusantara dan Forum Kumunitas Peduli Anak Yatim Birrul Walidain Ubung Denpasar, masing-masing Rp5 juta. Kami juga menyalurkan 500 paket sembako kepada fakir miskin dan kaum duafa di Bali”, jelas Mahrusun.
Kakanwil Agama Provinsi Bali, I Nyoman Lastra, mengatakan, penyaluran zakat tersebut sudah sesuai UU No.23/2011, tentang pengelolaan zakat. Baznas dalam hal ini merupakan institusi yang bersinergi dengan Kanwil Agama untuk kepentingan yang sama.
“Negeri ini belum adil, jika masih banyak fakir miskin di jalan-jalan. Maka, ini perlu selaras dengan asas keadilan sosial”, ujar Lastra.
Sementara itu, Gubernur Bali yang diwakili oleh Kepala Biro Kesra Provinsi Bali, AA. Gede Geriya, menyambut baik fasilitasi dan sosialisasi pembayaran zakat bagi jajaran pegawai muslim di Pemprov Bali, sehingga dapat tersalurkan dengan tepat.
“Semoga penyaluran zakat ini memberikan manfaat bagi umat Islam di Bali”, harap pria yang akrab di sapa Griya, ini.
Penyerahan zakat mal jajaran pejabat dan pegawai Pemprov Bali diwakili oleh H. Jayadi Jaya selaku Kepala Biro Pemerintah dan Otda Pemprov Bali. Ada pula penyerahan zakat maal dari jajaran Bank CIMB Niaga Syariah Denpasar yang diserahkan oleh Branch Manager, Endy Purwono.
Lihat juga...