Boyolali Akan Bangun RS di Lereng Merapi-Merbabu

Kesehatan, ilustrasi -Dok: CDN

BOYOLALI – Kabupaten Boyolali akan membangun sebuah rumah sakit di lereng Gunung Merapi dan Merbabu, Jawa Tengah. Bupati Boyolali Seno Samodro menyebut, rumah sakit yang akan dibangun tersebut berkelas internasional.

Rencana pembangunan rumah sakit tersebut sudah lama dilakukan dan selangkah lagi mencapai kesepakatan dengan pihak investor. “Boyolali membangun rumah sakit internasional di lereng Merapi-Merbabu tidak lama lagi bakal terwujud. Kami sudah melihat dan mempelajari rencana anggaran biaya (RAB) proyek rumah sakit itu,” kata Seno Samodro di Boyolali, Rabu (27/6/2018).

Pada tahap, awal rencana pembangunan rumah sakit internasional di Boyolali diperkirakan menghabiskan anggaran sekira Rp500 miliar. Hal itu memperhitungkan peralatan yang disediakan merupakan alat canggih untuk kesehatan. Menyinggung soal luas lahan rencana untuk rumah sakit, lokasinya sangat strategis dan berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektare.

Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan soal lokasi rumah sakit dan investor secara rinci. “Rumah sakit itu berkualitas karena peralatannya komplit dan canggih, sehingga anggarannya cukup mahal untuk belanja alat-alat medis,” tambahnya.

Menurut Bupati, rencana pembangunan rumah sakit internasinal dapat menjadi rujukan masyarakat Indonesia saat berobat. Masyarakat tak perlu keluar negeri seperti ke Singapura, tetapi cukup ke Boyolali. “Kami optimistis rumah sakit internasional itu nantinya dapat menjadi jawaban pengobatan penyakit yang tidak dapat ditangani di Indonesia,” katanya. (Ant)

Lihat juga...