Buka Bersama Akbar 2018 di Sasono Utomo TMII

Editor: Satmoko

387

JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Dekorasi dan Jasa Indonesia (ASPEDI) mengadakan buka bersama akbar 2018 di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (3/6/2018) sore.

Suasana Sasono Utomo terlihat khidmat dengan lantunan doa ribuan anak yatim piatu dan kaum duafa. Mereka juga terlihat khusyuk mengikuti rangkaian acara buka bersama akbar 2018.

“Ini buka puasa keempat yang kami gelar di TMII. Tahun 2018 ini diikuti 2018 anak yatim piatu dan kaum duafa se-Jabodetabek. Kami ingin berbagi dengan mereka,” kata Sekertaris Jenderal (Sekjen) Aspedi, Dhani Firmantara kepada Cendana News ditemui, Minggu (3/6/2018).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASPEDI, Dhani Firmantara. Foto : Sri Sugiarti.

Menurutnya, ASPEDI ingin memberikan apa yang selama ini mereka dapatkan yaitu rezeki yang sebenarnya adalah juga hak anak yatim piatu dan duafa yang dalam kondisi kurang beruntung. Sehingga pihaknya mengkoordinir pengumpulan zakat dan sedekah dari anggota ASPEDI serta asosiasi terkait lainnya.

Pada buka bersama ini, ASPEDI memberikan apa yang telah terkumpul, dikemas dalam suatu bentuk acara. Sehingga, kata Dhani, anak yatim piatu dan duafa yang selama ini mungkin belum pernah ke TMII atau mendapatkan hiburan, bisa merasakan.

“Tujuan kami adalah juga memberikan hak mereka berupa santunan. Juga agar mereka merasakan dalam bulan puasa Ramadan ini, paling tidak ada sesuatu yang lain dari kehidupan mereka selama ini,” ucap Dhani.

Dia menjelaskan, 2018 anak yatim dan kaum duafa itu berasal dari beberapa yayasan yatim piatu se-Jabodetabek. Penjemputan dan pengantaran hingga sampai ke TMII dilakukan oleh pihaknya dan relawan Pecinta Anak Yatim (PAY) yang memberikan pelayanan kepada mereka.

Menurutnya, ASPEDI dan TMII sudah mempunyai komitmen kerja sama dalam agenda Ramadan maupun acara nasional atau acara besar lain untuk digelar di TMII.

“Ada semacam histori, karena awal terbentuknya ASPEDI di TMII. Kami banyak dibantu TMII, baik itu acara skala nasional atau besar selalu TMII venue-nya,” ungkap Dhani.

Seperti pada gelaran buka bersama akbar 2018 ini, sebut Dhani, TMII memberikan fasilitas gratis untuk diadakan di Sasono Utomo. Tiga tahun sebelumnya, kata dia, buka bersama diadakan di wahana rekreasi Theater Imax Keong Mas dengan menonton film edukasi terlebih dulu baru berlanjut dengan buka bersama.

Sehingga anak-anak mendapatkan wawasan dan pengetahuan setelah menonton film edukasi tersebut. Selain wahana Theater Imax Keong Mas, buka bersama pernah digelar di wahana lainnya.

Tahun 2018 ini buka bersama akbar ASPEDI digelar di Sasono Utomo TMII, karena formatnya beda, yakni gelaran drama kolosal bertajuk “Berkarya untuk Kejayaan Islam dan Indonesia”.

“Terima kasih TMII, atas komitmen mendukung acara buka bersama akbar 2018 ini. Teriring doa untuk kejayaan dan kesuksesan TMII,” tandasnya.

Anissa, siswi kelas 2 SDN Kampung Melayu, Jakarta Timur mengaku senang bisa buka bersama di TMII.

Dia mengaku hadir di acara ini diajak yayasan yang ada di wilayahnya. Bagi Anissa ini adalah kebanggaan karena dirinya terpilih untuk mengikuti buka bersama di TMII.

“Saya senang ternyata tempat buka puasanya megah banget. Saya baru dua kali ke TMII, ini ruangannya bagus. Terima kasih sudah diajak ke sini,” kata Anissa.

Baca Juga
Lihat juga...