Buka Puasa dengan Nasi Liwet Pak Brewok

Editor: Satmoko

582

BALIKPAPAN –  Buka puasa bersama keluarga atau teman kerja terasa lebih nikmat dengan menyantap menu tradisional. Namun, bukan saja soal makanannya, cara penyajian yang istimewa juga dapat menambah keakraban.

Seperti yang disajikan warung makan Pak Brewok atau akrab disapa si Mbah di kawasan Balikpapan Permai, Kota Balikpapan. Warung makan yang menyajikan menu khas masyarakat Sunda itu, selalu menyajikan hidangan khusus saat Ramadan.

Salah satu yang ditunggu pelanggan adalah Nasi Liwet Bancakan. Nasinya dihidangkan panas dari wadah kuali kecil dengan tiga pilihan: nasi putih atau nasi merah, dan nasi jagung. “Boleh juga di-mix, jika ingin merasakan dua-duanya,” kata pemilik warung Pak Brewok, Kurnia, Sabtu (2/6/2018).

Yang berbeda dari nasi liwet di sini adalah, ada campuran teri yang menambah cita rasa.

Psk Brewok atau Pak Kurnia menyajikan nasi khas. Foto; Ferry Cahyanti

Untuk menemani nasi yang lezat disantap saat panas, bisa memesan ayam bakar atau goreng. Ikan bakar atau goreng, tahu tempe, pepes peda, perkedel jagung, empal daging dan macam-macam sayuran. “Ada tumis kangkung, urap-urapan, sayur asem dan lain-lain,” ujar Kurnia Sutanto nama lengkap Pak Brewok.

Tentu tak lupa juga sambal dan lalapan. “Ini yang paling utama. Sambalnya banyak pilihan, mulai sambal leunca, sambal ijo, sambal tomat,” imbuhnya.

Cara penyajiannya cukup unik. Nasi dan lauk dihampar di atas daun pisang di atas meja. Untuk menikmati hidangan itu, pelanggan mengambil nasi dan lauk lalu makan bersama. Mesti tak ada larangan menggunakan sendok, namun menikmati liwet dengan tangan jauh lebih asyik.

“Cara makan seperti ini mengingatkan pada kebiasaan di pondok pesantren,” kata Faris, pelanggan warung Pak Brewok. Dia bilang, selain menu yang disajikan membuat selalu ingin nambah, cara seperti ini bisa meningkatkan keakraban.

Apalagi, harga yang ditawarkan warung ini cukup bersahabat di kantong. Dengan berbagai lauk dan minuman yang dipesan, Faris hanya mengeluarkan kocek sekitar Rp900 ribu dengan minum dan kerupuk untuk 15 orang. “Saya kira cukup worthed-lah..” kata dia.

Selain nasi liwet, tempat ini juga menawarkan bubur ayam, nasi uduk, soto, dan aneka cemilan.

Baca Juga
Lihat juga...