Cegah Banjir, Pemkab Cianjur Segera Perbaiki Drainase

195
Ilustrasi -Dok: CDN
CIANJUR – Pemkab Cianjur, Jawa Barat, segera melakukan upaya penanganan banjir di wilayah perkotaan, dengan mengoptimalisasi drainase di ruas-ruas jalan protokol yang rawan tergenang air.
Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, drainase yang ada di perkotaan Cianjur sudah cukup untuk menampung aliran air ketika turun hujan, namun banyak hal yang mempengaruhi fungsi dari drainase.
“Fungsi dari drainase perlu dioptimalkan, meskipun keberadaaNnya sudah mencukupi, namun terjadi pendangkalan, karena sampah dan pasir atau tanah yang terbawa hujan,” katanya, Selasa (26/6/2018).
Bahkan, katanya, untuk mengoptimalkan fungi drainase di Jalan Dr Muwardi, akan dilakukan penyodetan, karena perlu menampung lebih banyak debit air, terutama ketika hujan turun deras.
“Kami tetap mengimbau warga untuk menjaga kebersihan, karena banjir terjadi akibat adanya penumpukan sampah di saluran air, sehingga air luber ke badan jalan,” katanya.
Pihaknya berjanji akan menuntaskan permasalah banjir Cileuncang yang kerap terjadi melanda sejumlah jalan protokol, yang mengakibatkan antrean panjang kendaraan terlihat di jalur tersebut karena tergenang banjir.
Sementara berbagai tanggapan miring datang dari warga yang tinggal di wilayah perkotaan yang selama ini dianggap tidak pernah banjir setelah trotoar diperbaiki.
Abep (58), warga Kelurahan Sawahgede, menilai terjadinya banjir setinggi betis orang dewasa setiap hujan turun lebat di sejumlah jalan protokol akibat buruknya drainase yang tidak maksimal saat perbaikan trotoar.
“Berikan pekerjaan pada ahlinya, begini jadinya kalau pembangunan trotoar tidak oleh ahlinya. Drainase yang ada di bawahnya tidak mendapat perbaikan, sehingga tidak dapat menampung air ketika hujan,” katanya.
Ia dan jutaan warga di Cianjur, berharap dinas terkait di Pemkab Cianjur, lebih meningkatkan pengawasan saat dilakukan perbaikan oleh pihak rekanan.
“Saya mantan PNS dari teknis, tahu persis kalau pembangunan tidak sesuai ketentuan,” katanya. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...