Dikucuri DAK, Empat Pasar di Balikpapan Diperbaiki

Editor: Mahadeva WS

238

BALIKPAPAN –  Empat pasar tradisional di Kota Balikpapan akan diperbaiki di 2018 ini. Pasar yang akan diperbaiki diantaranya Pasar Pandansari, Pasar Sepinggan, Pasar Karangjoang dan Pasar penampungan A. 

Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan M Saufan – Foto Ferry Cahyanti

Perbaikan fisik pasar tradisional tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dianggarkan di 2018. Saat ini proses perbaikan sudah memasuki masa lelang. “Dana Alokasi Khusus diputuskan oleh pemerintah pusat diberikan kepada empat pasar,” terang Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan M Saufan, Selasa (5/6/2018).

Perbaikan fisik Pasar Pandansari membutuhkan dana sekira Rp25 miliar. Hal itu disebut Saufan mengikuti Detail Engginering Desain (DED) yang disusun. Tahun ini perbaikannya baru mendapatkan alokasi dana Rp1 miliar lebih. “Anggaran yang diperoleh itu nantinya digunakan memperbaiki lantai dua Pasar Pandansari. Harapannya lantai dua itu bisa digunakan oleh pedagang,” papar Saufan.

Melalui DAK, dua pasar mendapatkan bantuan Rp1 miliar dengan melihat kerusakan yaitu Pandansari dan Sepinggan. “Dua pasar itu kan besar yang harus diperbaiki dan pasar yang diperbaiki adalah pasar yang dikelola pemerintah,” tambahnya.

Sementara, mengenai Pasar Sepinggan yang akan diberikan kepada pihak ketiga, Saufan menyebut masih mencari investor dan melakukan studi kelayakan. “Pasar Sepinggan itu ada sudah investor yang melirik dari Surabaya. Tapi sekarang masih agak kesulitan makanya kami masih tawarkan. Sambil nunggu ya fisiknya tetap kita perbaiki untuk membuat nyaman pedagang dan pengunjung pasar tradisional,” pungkas pria berkacamata tersebut.

Baca Juga
Lihat juga...