Gandeng PT Pos, KPU Sikka Distribusikan Logistik Pilkada

Editor: Mahadeva WS

326

MAUMERE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka menggandeng PT. Pos Indonesia Cabang Maumere untuk mendistribusikan logistik surat suara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sikka dan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur 2018.

Juru bicara KPU Kabupaten Sikka Fery Soge – Foto : Ebed de Rosary

“Pendistribusian logistik surat suara pada pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Sikka serta Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, untuk pencoblosan 27 Juni nanti, KPUD Kabupaten Sikka bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia Cabang Maumere,” sebut juru bicara KPU Sikka Fery Soge, Senin (25/6/2018).

Pendistribusian logistik sudah dilakukan sejak Minggu (24/6/2018). Pengiriman dilakukan ke tiga kecamatan yang ada di kepulauan. Kecamatan Palue terdiri dari delapan desa yakni Kesokoja, Ladolaka, Lidi, Maluriwu, Nitunglea, Reruwairere, Rokirole dan Tuanggeo. Sementara kecamatan Alok terdapat tiga desa yakni Gunung Sari, Pemana dan Samparong serta kecamatan Alok Timur ada tiga desa yakni Parumaan, Kojagete dan Kojadoi.

Distribusi logistik surat suara untuk kepulauan dibagi menjadi dua. Untuk Pulau Palue satu kapal sedangkan untuk denam desa lainnya di Kecamatan Alok dan Alok Timur akan menggunakan satu buah kapal. PT. Pos Indonesia akan bertanggung jawab penuh dalam pendistribusian logistik surat suara sampai pada semua titik di TPS di 555 TPS yang tersebar di 21 kecamatan dan 147 desa serta 13 kelurahan.

PT.Pos Indonesia, telah menyiapkan dua kapal untuk mendistribusikan logistik di kepulauan. Sementara untuk distribusi di daerah daratan akan dilakukan dengan 10 mobil. Untuk hari kedua distribusi, Senin (25/6/2018) logistik Pilkada akan didistribusikan untuk sembilan kecamatan yakni Paga, Mego, Tanawawo, Bola, Doreng, Mapitara, Waiblama, Talibura dan Waigete.

“Untuk kecamatan sisanya seperti Lela dan Nita hari ini akan didistribusikan sementara sisanya 10 kecamatan lainnya yakni Alok, Alok Barat, Alok Timur, Kangae, Kewapante, Koting serta sebagian Kecamatan Nita akan didistribusikan Selasa (26/6/2018),” ungkapnya.

Ketua KPU Sikka Vivano Bogar mengatakan, distribusi logistik ke setiap kecamatan dan desa akan dikawal oleh aparat kepolisian. Rabu (27/6/2018) baru akan dilakukan distribusi logistik ke setiap 555 TPS yang ada di 21 kecamatan.

Vivano berharap, proses pemungutan suara dan penghitungan suara di semua TPS bisa berjalan dengan aman dan lancar. Prosesnya bisa sesuai dengan aturan yang ditetapkan sehingga tidak terjadi sengketa yang bisa berujung pada gugatan di Makamah Konstitusi (MK).

Baca Juga
Lihat juga...