banner lebaran

Gantikan Zidane, Pelatih Timnas Spanyol Dipecat

Editor: Makmun Hidayat

161

SPANYOL – Kabar mengejutkan datang dari Spanyol. Federasi sepakbola Spanyol, RFEF, secara mengejutkan memecat pelatih kepala Timnas Matarador, Julen Lopetegui.

Pemecatan dilakukan hanya berselang satu hari sebelum Piala Dunia 2018 di Rusia dimulai.

Sebagai gantinya, RFEF menunjuk direktur olahraga Spanyol, Fernando Hierro sebagai pelatih baru yang akan mendampingi La Furia Roja di Rusia. Sementara Lopetegui dipecat setelah memutuskan menerima pinangan Real Madrid sebagai pelatih menggantikan Zinedine Zidane.

Presiden RFEF, Luis Rubiales mengungkapkan, keputusan Lopetegui diambil tanpa sepengetahuannya. Ia menyebut hanya mendapat informasi terkait penunjukan oleh Madrid hanya lima menit sebelum pengumuman resmi dibuat.

Kabar ini jelas tidak menyenangkan bagi Timnas Spanyol. Tim Matador yang menjadi salah satu favorit mengangkat trofi turnamen paling prestisius itu bakal mengawali laga kontra Portugal pada Jumat malam.

Rubiales mengakui skuad La Furia Roja berusaha mempertahankan posisi Lopetegui sebagai bos Timnas Spanyol. Namun RFEF berpendapat lain. Federasi tidak bisa menerima cara Lopetegui mengambil keputusan.

“Kami terpaksa melepas pelatih tim nasional. Kami doakan yang terbaik untuknya. Apa yang telah dicapai tim, harus dilakukan sesuai dengan apa yang telah dikembangkannya,” ungkap Rubiales seperti dikutip SportsMole.

Rubiales menyesalkan kesepakatan yang tercapai antara Madrid dan Lopetegui. Mengingat proses negosiasi dilakukan tanpa sepengetahuan RFEF. Hal itulah yang membuat federasi membuat keputusan pelik hanya satu hari sebelum Piala Dunia dimulai.

“Saya tidak merasa dikhianati. Lopetegui, selama ia bersama kami telah melakukan pekerjaan yang sempurna. Namun, ia mengambil keputusan tanpa sepengetahuan RFEF. Ini adalah situasi yang sangat komplek,” papar Rubiales.

“Saya sangat mengagumi Julen, saya sangat menghormatinya dan saya pikir dia adalah pelatih luas biasa dan itu yang membuat sangat sulit mengambil keputusan. Tapi saya yakin ini akan membuat kami semakin kuat. Saya sadar keputusan ini akan mengudang banyak kritik, namun nilai RFEF ditentukan sendiri oleh RFEF,” sambungnya.

Selama menjadi bos Timnas Spanyol, Lopetegui telah mendampingi tim dalam 20 laga tanpa kekalahan. Lopetegui mengambiil alih kendali timnas dari Vicente del Bosque setelah gagal di Piala Eropa 2016.

Sementara Fernando Hierro akan didampingi pelatih Timnas Spanyol U-21, Albert Celades. Hierro menjadi bagian tim pelatih Spanyol saat mengalahkan Belanda di final piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Pelatih berusia 50 tahun, adalah mantan asisten Carlo Ancelotti di Real Madrid pada 2014, dan menajdi manajer real Oviedo pada musim 2016-2017.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.