Gol Carrillo Bantu Peru Menang 2-0 atas Australia

327

SOCHI — Sepakan voli mengejutkan Andre Carrillo memberikan gol perdana bagi Peru di Piala Dunia dalam 36 tahun sebelum kapten Paolo Guerrero mengemas gol kedua, ketika negara Pegunungan Andes itu menaklukkan Australia dengan skor 2-0, dan tersingkir lebih dini dari Rusia, pada Selasa (26/6/2018).

Guerrero menjadi pengumpan untuk gol Carrillo menit ke-18 dari tepi kotak penalti dengan umpan silang, kemudian mencetak gol dari sepakan yang terdefleksi lima menit babak kedua bergulir untuk memicu kegembiraan para penggemar Peru yang mengenakan warna kebesaran merah dan putih di Stadion Fisht.

Meski telah tereliminasi, Peru pulang dengan kepala tegak, setelah mencatatkan kemenangan perdananya di Piala Dunia sejak mereka menang 4-1 atas Iran pada putaran final 1978 di Argentina.

Berpartisipasi di ajang akbar untuk pertama kalinya dalam 36 tahun, hasil ini membuat Peru menghuni peringkat ketiga di Grup C dengan tiga poin, sedangkan The Socceroos pulang dengan hanya raihan satu poin, namun dengan lebih banyak penyesalan.

Prancis memuncaki klasemen grup dengan tujuh poin, di mana Denmark menjadi runner up dengan lima poin setelah kedua tim bermain imbang 0-0.

Australia perlu mengalahkan Peru dan Prancis menang atas Denmark, untuk membuat Socceroos melaju ke putaran selanjutnya.

Namun pasukan Bert van Marwijk akan merasa ini seperti deja vu, ketika mereka memiliki lebih banyak peluang namun gagal memaksimalkannya untuk menjadi gol.

Kapten Mile Jedinak melepaskan sepakan yang melambung di atas mistar gawang pada menit kelima, sedangkan pemain sayap Mathew Leckie gagal memaksimalkan peluang saat terjadi kemelut di mulut gawang pada menit ke-36.

Bahkan masuknya bintang veteran Tim Cahill pada awal babak kedua tidak mampu memicu Soceroos, penyerang 38 tahun itu tidak mampu mencetak gol pada Piala Dunia terakhirnya ketika ia melepaskan sepakan voli yang tertuju lurus ke bek Peru.

Australia telah lama memerlukan ketajaman di lini depan, namun kesalahan di pertahanan yang membuat Guerrero dapat menyusup dan mengirimkan umpan untuk diselesaikan Carrillo.

Bek Josh Risdon gagal mengamankan bola panjang, membuat Guerrero menguasai bola di sisi kiri lapangan, dan sang kapten mengirimkan umpan silang ke jalur pergerakan pemain sayap Carrillo, yang melesakkan bola ke sudut kiri gawang.

Itu merupakan gol perdana di Piala Dunia bagi negara Pegunungan Andes itu sejak Guillermo La Rosa mengemas gol saat mereka dikalahkan Polandia 1-5 pada Piala Dunia 1982 di Spanyol.

Australia berusaha mengejar melalui gelandang Tom Rogic, yang melejit ke kotak penalti lawan pada menit ke-27 namun tembakannya dapat diblok.

Guerrero, yang penampilannya di turnamen ini sempat diragukan karena skors akibat doping, menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-50, bola yang terdefleksi Jedinak untuk kemudian menuju ke jalur pergerakannya sebelum tembakannya membentur Mark Milligan untuk masuk ke gawang.

Dari sana, Peru mengandalkan keberuntungan mereka untuk menyelesaikan perjuangan, ketika Socceroos berupaya keras mencetak gol hiburan namun tidak mampu melakukannya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...