Gubernur: Jakarta Aman Selama Lebaran 2018

Editor: Koko Triarko

225
JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, selama arus mudik dan balik Lebaran 2018, keamanan di Ibukota Jakarta, meningkat. Dia mengaku puas dengan kinerja personel pengamanan, lalu lintas kendaraan pemudik bisa dikawal dengan baik.
“Alhamdulilah, pada musim lebaran tahun ini pengelolaan lalu lintas transportasi dan lain-lain berjalan dengan baik, kita apresiasi,” kata Anies, di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).
Dia  pun mengapresiasi pihak kepolisian yang tetap bekerja dan menjaga saat libur Lebaran, sehingga suasana di Jakarta tetap kondusif.
“Saya secara khusus, ingin sampaikan apresiasi kepada kepolisian, khususnya Polda Metro Jaya, yang saat semua warga Jakarta berlibur, berlebaran, tapi bapak-bapak, ibu-ibu jajaran Polda Metro seluruhnya dalam posisi bertugas. Kami atas nama Pemerintah Provinsi DKI dan warga  ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya,” ujarnya.
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menuturkan, Pemerintah Provinsi DKI akan siap mendukung aksi pengamanan yang diinisiasi Polda Metro Jaya pada tahun berikutnya.
“Insyaallah, kita akan siap dari sisi Pemprov DKI untuk mendukung kerja berat berikutnya,” ungkapnya.
Dia menilai, selama menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2018, tingkat kecelakaan lalu lintas (lantas) menurun drastis. Ditambah tingkat keamanan yang meningkat.
Mantan Rektor Universitas Paramadina ini, menegaskan siap mendukung Polda Metro Jaya menghadapi pengamanan Pilkada serentak yang digelar pada Rabu 27 Juni mendatang.
Dia mengatakan, bahwa di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Bekasi, Depok dan Kota Tangerang akan menggelar pesta  demokrasi itu.
“Insyaallah, kita akan siap dari sisi Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung kerja berat berikutnya, yaitu Rabu besok ada Pilkada di beberapa wilayah di sekitar DKI, dan ini tugas pengamanan tidak kecil, kami siap dukung,” ujarnya.
Anies menambahkan, usai Pilkada Serentak, aparat keamanan juga akan disibukkan oleh aksi unjukrasa di depan gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
Unjuk rasa, kata Anies, biasanya marak dilakukan oleh pihak-pihak yang merasa dirugikan pada pelaksanaan pilkada. “Dan, ada tambahan tugas lagi, yaitu mengamankan MK. Setelah Pilkada (jalan) Merdeka Barat jadi tempat paling ramai di Jakarta. Mudah-mudahan tidak banyak hasil pilkada yang dilaporkan ke MK,” pungkas Anies.
Anies Baswedan melakukan video conference bersama Kapolri, Panglima TNI, dan beberapa menteri, di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. Dalam video conference tersebut, salah satu yang dibahas adalah evaluasi pengamanan di Jakarta saat libur Lebaran minggu lalu.
Laporan tersebut disampaikan Anies usai melakukan video conference bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol, Idham Azis, dengan Kapolri Jenderal Pol, Tito Karnavian, dan Menko Polhukam, Wiranto, di Gedung Promoter, Mapolda Metro Jaya.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.