banner lebaran

H-2 Lebaran, Harga Ayam Ras di Balikpapan, Melonjak

Editor: Koko Triarko

190
BALIKPAPAN – H-2 Idul Fitri 1439 Hijriah, harga ayam ras di sejumlah pasar tradisional di Kota Balikpapan kembali mengalami kenaikan signifikan.
Kenaikan harga ayam ras atau potong yang biasa dikonsumsi masyarakat ini sangat mengkhawatirkan pedagang. Pasalnya, harga yang terus mengalami kenaikan dapat menyebabkan berkurangnya pembeli.
Saat ini, harga ayam potong per ekor mencapai Rp65 ribu untuk ukuran besar, dari sebelumnya Rp50 ribu.
“Ayam bakal naik terus ini kalau melihat trennya, apalagi stok katanya berkurang,” ucap Zuriah, pedagang ayam ras, saat ditemui Rabu (13/6/2018).
Dia menyebutkan, dalam sehari mendapatkan porsi ayam sebanyak 500 ekor, dan saat ini berkurang menjadi 300 ekor, akibat kosongnya stok.
“Asalnya yang dapat 500 ekor, sekarang hanya dapat 300 ekor. Yang biasa dapat 700 ekor, hanya dapat 500 ekor. Karena jatahnya dibagi dengan di Samarinda,” katanya saat ditemui di pasar Klandasan.
Bukan hanya ayam potong yang melonjak harganya, ayam telur pun juga melonjak mencapai Rp 30 ribu per ekornya. Biasanya Rp130 ribu per ekor kini menjadi Rp160 ribu.
“Sekarang saya jual Rp160 ribu per ekor. Kalau normalnya harga Rp130 ribu. Jadi, ada naik Rp30 ribu per ekor,” ujar Irwan.
Sementara itu, suasana pasar tradisional di Klandasan sudah dipadati pengunjung sejak pagi hari hingga sore hari, untuk membeli kebutuhan lebaran.
Pengunjung pun harus berdesakan untuk berbelanja di pasar untuk membeli ayam, ikan, sayur mayur dan lainnya. Kendati pengunjung memadati pasar tradisional, suasana jual beli di pasar tradisional ini berjalan tertib dan lancar.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.