H-5, Pengguna Tol Bakauheni-Terbanggibesar Capai 10.000 Kendaraan

Editor: Satmoko

374

LAMPUNG – Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bakauheni Ruas Bakauheni-Terbanggibesar (Bakter) telah dioperasikan sepanjang 14,2 kilometer dari total 140,9 kilometer untuk angkutan Lebaran (angleb) 2018/1439 Hijriah.

Ruas tol Bakter yang sudah dioperasikan di antaranya seksi I Pelabuhan-Bakauheni Utara sepanjang 9 kilometer. Selain itu seksi V Lematang Kotabaru sepanjang 5,2 kilometer juga sudah dioperasikan untuk angkutan Lebaran.

Hanung Hanindito, Kepala Cabang PT. Hutama Karya Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakter, saat dikonfirmasi Cendana News menyebut, JTTS dipastikan dioperasikan dengan menggunakan E-toll card dan belum berbayar.

Hanung Hanindito, Kepala Cabang PT. Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggibesar Lampung [Foto: Henk Widi]
Hal tersebut diakuinya menepis informasi yang beredar di media sosial bahwa pengendara kendaraan sudah membayar di JTTS ruas Bakter. Selain itu ia memastikan saat ini hanya sepanjang 14,2 kilometer JTTS ruas Bakter yang bisa digunakan untuk melayani arus mudik dan balik angkutan Lebaran 2018.

Hanung Hanindito menyebut, koordinasi dengan pihak PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Bakauheni. Koordinasi tersebut disebut Hanung untuk memantau arus kendaraan yang menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera menggunakan kapal laut.

Meski demikian sejumlah kendaraan, khusus untuk roda empat atau lebih, sebagian memanfaatkan akses JTTS dan sebagian masih menggunakan Jalan Lintas Sumatera.

“Kami selalu memantau data angkutan Lebaran dari pelabuhan Bakauheni terutama kendaraan roda empat yang diprediksi akan melintas di jalan tol trans Sumatera,” terang Hanung Hanindito, selaku Kepala Cabang PT. Hutama Karya Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakter, saat dikonfirmasi Cendana News, Minggu (10/6/2018).

Mengacu pada data prediksi jumlah lalu lintas (lalin) Lebaran 2018 pada ruas Bakter, Hanung Hanindito menyebut, terjadi peningkatan dibanding hari biasa dengan puncak arus balik volume lalin mencapai 8.000 hingga 10.000 unit kendaraan.

Pada dua seksi JTTS ruas Bakter yang dioperasikan sejak H-7 Lebaran, Jumat (8/6) prediksi volume lalin di segmen Pelabuhan-Bakauheni mencapai 8055 unit kendaraan per hari. Sementara di segmen Lematang-Kotabaru di hari yang sama mencapai 2850 unit kendaraan.

Pada H-6 Lebaran, Sabtu (9/6) di segmen Pelabuhan-Bakauheni prediksi volume lalin yang melintas 8857 unit, sementara di segmen Lematang-Kotabaru di hari yang sama berjumlah 3638 unit. Pada hari H-5 Lebaran prediksi volume lalin di tol segmen Bakauheni sebesar 10470 unit dan di tol segmen Lematang-Kotabaru berjumlah 3705 unit.

Jumlah tersebut diakuinya akan meningkat sesuai dengan prediksi puncak arus mudik pada Senin (11/6) di segmen Bakauheni diprediksi sebanyak 10590 unit kendaraan melintas dan di segmen Lematang Kotabaru sebanyak 3761 unit.

Arus balik liburan yang lebih panjang diprediksi akan terpecah dan mengalir dengan adanya libur sekolah, libur hari raya Idul Fitri dan cuti bersama.

Kendaraan melintas di gerbang Tol Bakauheni Selatan [Foto: Henk Widi]
Selain saat arus mudik, PT. Hutama Karya disebut Hanung Hanindito juga memprediksi volume lalin saat arus balik. Pada puncak arus balik dalam kurun waktu tiga hari, ia menyebut, memprediksi volume lalin kendaraan mencapai 9000-1000 kendaraan per hari. Pada H+7 lebaran, Jumat (22/6) di segmen satu tol Bakauheni lalin mencapai 9930 unit, dan di segmen Lematang Kotabaru mencapai 3243 unit.

Pada H+8 Sabtu (23/6) di segmen satu tol Bakauheni lalin mencapai 10530 unit dan di segmen Lematang Kotabaru berjumlah 3259 unit. Sementara pada puncak liburan arus balik pada H+9, Minggu (24/6) lalin di JTTS segmen Bakauheni mencapai 10355 unit dan segmen Lematang Kotabaru mencapai 3281 unit.

Hanung Hanindito menyebut, PT. Hutama Karya memastikan tol ruas Bakter bisa digunakan sepenuhnya sepanjang 140,94 kilometer. Meski demikian pelaksana proyek JTTS terus melakukan pembangunan jalan bebas hambatan tersebut sebelum pelaksanaan Asian Games ke-18 di Palembang dan Jakarta pada bulan Agustus hingga September mendatang.

Penyelesaian proyek JTTS yang tersambung tersebut dipastikan membuat JTTS bisa dilintasi secara fungsional pada Asian Games 2018.

JTTS ruas Bakter yang dikelola oleh PT. Hutama Karya selama angkutan Lebaran menurut Hanung Hanindito menyediakan beberapa fasilitas pelayanan di sekitar gerbang tol Bakauheni Selatan di antaranya sejumlah toilet, tempat parkir dan klinik kesehatan di sisi kiri gerbang tol Bakauheni Selatan.

Fasilitas pendukung lain di antaranya kendaraan derek sebanyak 2 unit, ambulan 1 unit, mobil patroli 3 unit, dan mobil rescue sebanyak 1 unit.

Baca Juga
Lihat juga...