H-7, JTTS Seksi I Bakauheni Didominasi Kendaraan Asal Jawa

Editor: Mahadeva WS

295

LAMPUNG – Tujuh hari jelang hari raya Idul Fitri 2018/1439 Hijriyah, ribuan kendaraan terlihat mulai memadati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggibesar yang dikelola PT.Hutama Karya.

Pantauan Cendana News, JTTS seksi I Pelabuhan Bakauheni yang telah dioperasikan dipadati ratusan kendaraan pribadi yang turun dari kapal roll on roll off (Roro). Sebaliknya kendaraan dari arah gerbang tol Bakauheni Utara menuju ke gerbang tol Bakauheni Selatan terpantau masih sepi dan didominasi kendaraan ekspedisi jenis truk.

Petugas pelayanan gerbang tol Bakauheni Selatan yang enggan disebut namanya menyebut, di JTTS seksi I pelabuhan disediakan Gerbang Tol Bakauheni Utara dan Gerbang Tol Bakauheni Selatan. Operasional seksi I tersebut dilengkapi sembilan unit gardu tol, yaitu lima unit di gerbang tol Bakauheni Selatan dan empat unit di Bakauheni Utara.

Petugas melayani kendaraan yang akan masuk ke gerbang Tol Bakauheni Selatan yang masih digratiskan [Foto: Henk Widi]
Sejumlah petugas disiapkan di loket yang masih digratiskan tersebut untuk melayani pemudik yang baru pertama kali menggunakan JTTS seksi I Pelabuhan Bakauheni. Di JTTS yang dikelola PT. Hutama Karya, selama angkutan lebaran disediakan beberapa fasilitas pelayanan di sekitar gerbang tol Bakauheni Selatan seperti toilet mobile, tempat parkir.

Fasilitas pendukung lain diantaranya kendaraan derek dua unit, ambulans satu unit, mobil patroli tiga unit dan mobil rescue satu unit. Fasilitas tersebut disediakan tepat di sisi kiri akses gerbang Tol Bakauheni Selatan yang dibuka secara operasional pada angkutan lebaran 2018/1439 Hijriyah.

Saat Cendana News mencoba melakukan konfirmasi kepada Kepala Bagian Operasi PT.Hutama Karya JTTS ruas Bakauheni-Terbanggibesar segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni, Prastowo Sidi. Melalui salah satu petugas menyebut belum bisa memberi keterangan pelayanan angkutan lebaran.

Meski demikian Dia mempersilakan kepada Cendana News mengambil gambar situasi angkutan lebaran. “Silakan diperkenankan mengambil situasi terkini kondisi lalu lintas pada angkutan lebaran malam ini,”terang Prastowo Sidi melalui salah satu petugas di gerbang tol Bakauheni Selatan yang enggan disebut namanya, Jumat (8/6/2018) malam.

Salah satu pengendara asal Bandung Jawa Barat bernama Hendra saat ditemui sebelum membeli tiket mengaku senang akses JTTS masih digratiskan. Sesuai dengan jarak yang telah ditentukan, untuk rute jalur lebaran 2018 Dia bisa menggunakan jalur sepanjang 8,9 kilometer dari pelabuhan Bakauheni menuju ke Bakauheni Selatan dan keluar di gerbang tol Bakauheni Utara.

“Pertama kalinya saya melintas di Jalan Tol Sumatera dan sayang belum bisa tembus ke Bandarlampung karena saya akan pulang kampung,”terang Hendra.

Sesuai data yang prediksi jumlah lalu lintas lebaran 2018 di ruas Bakauheni-Terbanggibesar, puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu (9/6/2018) hingga Senin (11/6/2018). Kendaraan yang melintas melalui gerbang tol Bakauheni Selatan pada puncak arus mudik diprediksi mencapai 8.857 unit kendaraan. Sementara di Minggu (10/6/2018) mencapai 10470 unit, dan di Senin (11/6/2018) mencapai 10.590 unit kendaraan.

Sementara prediksi puncak arus balik akan terjadi pada Jumat (22/6/2018) hingga Minggu (24/6/2018). Diprediksikan lalu lintas pada Jumat mencapai 9.930 unit kendaraan, Sabtu mencapai 10.530 unit kendaraan dan Minggu 10.355 unit kendaraan. Sejumlah lokasi pelayanan di rest area sementara telah disiapkan diantaranya di STA 21+900 di jalur fungsional lebaran yang disiapkan untuk angkutan lebaran.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.