Harga Komoditas Sayur dan Daging di Malang, Tinggi

Editor: Makmun Hidayat

193

MALANG — Sejumlah barang kebutuhan pokok dan sayur-mayur di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Malang di H+2 lebaran atau Idul Fitri 1439 Hijriah, harganya terpantau masih tinggi.

Seperti yang terlihat di pasar besar Kota Kepanjen, Kabupaten Malang Jawa Timur ini misalnya. Sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan diantaranya seperti Saledri, Cabai kecil, Cabai Merah besar.

Anisa, salah seorang pedagang sayur di pasar Kota Kepanjen, Kabupaten Malang mengatakan, kenaikan harga di beberapa komoditi tersebut sudah terjadi sejak H-4 lebaran.

Anisa, salah seorang pedagang sayur di pasar besar Kota Kepanjen, Kabupaten Malang – Foto: Sultan Anshori

Anisa melanjutkan, harga Saledri yang sebelumnya 10 ribu perkilogram kini menjadi 25 ribu perkilogram, sementara harga cabai merah kecil yang sebelumnya dijual dengan harga 25 ribu perkilonya, kini menjadi 30 ribu.

“Bahkan harga cabai merah besar harga jual kini melonjak menjadi 50 ribu rupiah perkilonya dari harga sebelumnya 24 ribu rupiah perkilonya,” ucap Anisa saat ditemui Minggu (17/6/2018).

Anisa menambahkan, selain harga sayur-mayur atau bumbu dapur, terlihat kenaikan juga terjadi pada komoditi telur ayam. Dimana waktu bulan puasa harga perkilonya 22 ribu, namun menjelang lebaran hingga saat ini naik menjadi 26 ribu perkilogramnya.

Diprediksi, kenaikan sejumlah komoditas utama dapur tersebut akan terjadi hingga H+7 lebaran dengan catatan semua distribusi dari petani atau peternak juga kembali normal.

“Naiknya ini dikarenakan kurangnya pasokan dari para petani atau distributor karena libur lebaran mas. Tapi saya harap semuanya kembali normal,” pungkas ibu dua anak ini.

Tak hanya sayur-mayur, kenaikan harga juga di ikuti oleh komoditas daging ayam. Zuhriah, salah seorang pedang daging ayam dipasar yang sama mengatakan, untuk daging ayam naik sekitar 5 ribu menjadi 40 ribu rupiah.

Zuhriah, salah seorang pedang daging ayam di pasar besar Kota Kepanjen, Kabupten Malang – Foto: Sultan Anshori

Dia melanjutkan, kenaikan ini akan terjadi hingga tiga hari ke depan. Hal tersebut disebabkan pabrik atau peternak akan tutup selama tiga hari kedepan.

“Tapi biasanya setelah itu akan turun mas, setiap tahun sudah seperti ini kok,” jelas Zuhriah.

Sementara itu, kenaikan sejumlah komoditas sayuran dan daging serta telur tersebut tidak lantas di ikuti oleh daging sapi. Di pasar besar Panjen Malang ini harganya relatif sama yaitu 115 ribu rupiah perkilogramnya. Selain itu, pasokan dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) terbilang lancar.

Lihat juga...

Isi komentar yuk