Hingga Pencoblosan, Kelebihan Surat Suara di Sikka Belum Dimusnahkan

Editor: Koko Triarko

240
MAUMERE – Kelebihan surat suara untuk pilkada bupati dan wakil bupati Sikka, sebanyak 406 lembar, dan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT sebanyak 69 lembar, hingga saat pemungutan suara belum dilakukan pemusnahan oleh KPU kabupaten Sikka.
“Kami sudah melakukan koordinasi dengan KPU provinsi NTT, namun sampai saat ini belum ada petunjuk terkait dengan kelebihan surat suara ini. Kami akan tetap menunggu penyelesaian kasus kelebihan surat suara ini, agar tidak menjadi perdebatan,” ungkapnya.
Menurut Fery, bila KPU Provinsi NTT meminta, maka pihaknya akan melangsungkan pemusnahan dengan disaksikan oleh Panwaslih Sikka, penghubung dari masing-masing  pasangan calon serta aparat Polisi dan TNI.
“Untuk sementara waktu, kelebihan surat suara tersebut diamankan di dalam ruang kerja ketua KPU Sikka. Perhitungan surat suara juga dilakukan berulang kali, agar jumlahnya sesuai. Sebelumnya saat hendak pengepakan, jumlahnya tidak sesuai,” tuturnya.
Elsy Puspitasari, komisioner KPU Sikka yang membidangi Divisi Umum, Anggaran dan Logistik menjelaskan, awalnya saat penyortian oleh relawan, kelebihan 676 lembar surat suara. Namun, setelah dilakukan penyortiran oleh petugas KPU Sikka, ditemukan kelebihan surat suara untuk Pilkada Sikka hanya 406 lembar saja.
“Setelah dua kali melakukan sortir surat suara, kami bisa pastikan, surat suara untuk Pilkada bupati dan wakil bupati Sikka hanya lebih 406 surat suara. Kami akan lakukan pemusnahan setelah terlebih dahulu berkoordinasi dengan panwaslih dan pihak kepolisian,” sebutnya.
Untuk surat suara tambahan sebanyak dua ribu lembar, kata Elsy, pihaknya belum melakukan penyortiran. Sebab, masih menunggu apakah akan ada pemungutan suara susulan terlebuh dahulu.
“Bila ada TPS yang melakukan pemungutan suara susulan, maka kami baru melakukan  penyortiran, sebab setelah pemungutan suara hari ini Rabu (27/6) masih ada waktu tujuh hari hingga diadakan pemungutan suara susulan,” paparnya.
Baca Juga
Lihat juga...