Hujan Turun di Sumbar, Pemudik Diimbau Waspadai Daerah Rawan Longsor

Editor: Koko Triarko

299
PADANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau, Sumatera Barat, menyatakan berdasarkan prakiraan cuaca, hujan akan turun di sejumlah wilayah Sumatera Barat pada H-1 Lebaran ini. 
Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang, Yudha Nugraha, menjelaskan berdasarkan pantauan terakhir, terdapat potensi hujan intensitas sedang di wilayah Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Pariaman, dan Kabupaten Pesisir Selatan.
“Di daerah itu, hujan cenderung turun mulai sore hari. Sementara di pagi hari, cuaca cerah berawan. Maka dari itu, kepada pemudik diminta berhati-hati saat melalui daerah rawan bencana longsor dan banjir,” katanya, ketika dihubungi dari Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (14/6/2018).
Sementara untuk prakiraan hujan ringan juga berlangsung di Kabupaten Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Bukittinggi, dan Padangpanjang yang dapat berlangsung hingga malam hari.
“Untuk hari ini, hujan tengah berlangsung hingga dengan intensitas sedang dan hingga lebat,” ujarnya.
Selain itu, Yudha menyebutkan, untuk pelaksanaan salat Idul Fitri besok, cuaca cukup mendukung dengan potensi cerah berawan di sebagian besar daerah di Sumatera Barat.
Selanjutnya, juga ada potensi hujan ringan-sedang terjadi pada sore hari di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Limapuluh Kota, Padang, Padang Pariaman, dan Kabupaten Pesisir Selatan.
“Hujan memang diiringi angin kencang, tapi kecepatan masih dalam angka normal, yakni 10-15 kilometer per jam,” sebutnya.
Sementara itu, untuk daerah Kabupaten Pesisir Selatan sore ini tengah berlangsung hujan dengan intensitas lebat. Hari ini merupakan H-1 lebaran, sehingga cukup banyak pemudik yang masih menempuh perjalanan menuju kampung halaman.
Hujan yang turun hari ini, merupakan hujan yang pertama kali turun, setelah sekira tiga pekan tidak turun hujan. Untuk itu, BMKG memperkirakan hujan masih turun besok, yang dimulai pada sore hari.
Baca Juga
Lihat juga...