Ini Zona Parkir Libur Lebaran di TMII

Editor: Mahadeva WS

317

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyiapkan skenario untuk menghadapi libur lebaran. Persiapan dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII, Dwi Windyarto. Foto : Sri Sugiarti.

Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII Dwi Windyarto mengatakan, di libur lebaran kali ini, pengunjung TMII ditargerkan naik mencapai 400 ribu orang. Tahun lalu, tercatat hanya 350 ribu pengunjung. Untuk itu manajemen TMII menyiapkan beberapa kantong parkir untuk mengurai kemacetan. “Kami sudah siapkan antisipasi pola dan sistem untuk kenyamanan pengunjung saat liburan lebaran,” kata Dwi kepada Cendana News, Kamis (14/6/2018).

Di Idul Fitri 1439 Hijriah, dipastikan keputusan pemerintah jatuh pada Jumat (15/6/2018). Biasanya, di hari pertama lebaran masyarakat yang tidak pulang kampung memilih berjalan-jalan ke TMII. Libur lebaran yang panjang hingga 24 Juni 2018 mendatang, memunculkan prediksi jumlah pengunjung akan meningkat.

Diperkirakan jumlah kendaraan yang masuk ke TMII di libur lebaran kali ini mencapai 7.000 unit. Untuk mengatasi penumpukan kendaraan, telah disiapkan kantung parkir berdasarkan zonasi. Kantung parkir zona depan, adalah parkir selatan, parkir utara, tepatnya di unit rekreasi Snowbay, parkir Keong Mas dan halaman Museum Purna Bhakti Pertiwi.

Sementara kantung parkir di zona tengah meliputi, Museum Prajurit dan Anjungan Daerah. Dan kantung parkir zona belakang berada di dekat Taman Burung, Desa Wisata, dan Taman Budaya Thionghoa.

Kepala Bidang Humas TMII, Jerry Lahana. Foto :Sri Sugiarti.

Kepala Bagian Humas TMII, Jerry Lahama menambahkan, untuk mengisi libur lebaran, berbagai acara akan digelar TMII. Diantaranya Tabur Minang yang digelar di Plaza Tugu Api Pancasila TMII pada Jumat (15/6/2018) pukul 14.30 WIB. Pagelaran kesenian Jaranan Jawa Timuran di Anjungan Jawa Timur digelar Sabtu (16/6/2018) pukul 10.00-16.00 WIB.

Di Sabtu (16/6/2018), tampil juga pagelaran Lagu Gambang Kromong di parkir selatan dan Parada Bedug dan Musik Islami di panggung Dermana Seni pada pukul 11.00 sampai selesai. Menurutnya, pagelaran seni budaya daerah dan hiburan rakyat tersebut akan berlanjut hingga 1 Juni 2018.

Ragam acara ini dalam upaya memeriahkan liburan lebaran bagi pengunjung TMII. Namun demikian, tidak ada acara khusus pada malam takbiran perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah. Tapi agenda rutin yang tak terlewati adalah shalat Idul Fitri di Plaza Tugu Api Pancasila TMII, yang dilaksanakan Jumat (15/6/2018) pagi.

“Shalat Idul Fitri ini tak hanya dipenuhi oleh manajemen TMII, tapi masyarakat sekitarnya,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...